JPNN.com

Risiko Pasang Ring Jantung Seperti Yang Dilakukan Cecep Reza Sebelum Meninggal Dunia

Rabu, 20 November 2019 – 12:21 WIB Risiko Pasang Ring Jantung Seperti Yang Dilakukan Cecep Reza Sebelum Meninggal Dunia - JPNN.com
Cecep Reza meninggal dunia. Foto : Instagram

jpnn.com - Cecep Reza ditemukan meninggal dunia saat tidur oleh istrinya. Menurut keterangan, Cecep Reza sekitar seminggu lalu memang menjalani operasi pemasangan ring jantung. Selain jantung, Cecep juga punya masalah kelebihan berat badan.

Pemasangan ring jantung pun dipilih untuk mengatasi masalah jantung Cecep.

Pemasangan ring jantung dan risikonya

Pemasangan ring jantung atau stent memang bertujuan untuk mengatasi sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah di jantung. Penyumbatan pembuluh darah ini dapat menyebabkan serangan jantung yang bisa berakibat fatal. Apabila sumbatan tersebut diatasi, aliran darah pada jantung akan kembali menjadi lancar.

Adapun ring jantung biasanya terbuat dari bahan seperti kawat dan bersifat permanen menetap di dinding pembuluh darah jantung. Biasanya, ring jantung juga dilapisi dengan obat untuk mencegah terjadinya sumbatan baru pada daerah terpasangnya ring tersebut.

Meski demikian, setiap tindakan medis apa pun tetap memiliki risiko dan manfaatnya sendiri. Suatu tindakan medis akan dilakukan apabila manfaat yang diberikan melebihi risiko yang mungkin dapat terjadi. Sama halnya dengan pemasangan ring jantung.

Pemasangan ring jantung sudah terbukti dapat menyelamatkan nyawa pasien yang mengalami serangan jantung dan dapat meningkatkan kualitas hidup. Akan tetapi, pemasangan ring jantung juga memiliki risiko.

Risiko buruk yang mungkin bisa terjadi adalah perdarahan akibat luka pada lokasi pemasangan ring dan terbentuknya sumbatan pada lokasi pemasangan ring. Sumbatan ulang pada lokasi pemasangan ring dapat terjadi pada 1 dari 14 pasien dalam tiga tahun pertama setelah pemasangan. Adapun risiko terbesar adalah dalam 30 hari pertama.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...