Risma Pengin Berkantor di Papua, Ini yang Akan Dilakukan

Risma Pengin Berkantor di Papua, Ini yang Akan Dilakukan
Menteri Sosial Tri Rismaharini. Foto: Kemensos.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Bu Risma berencana akan berkantor sementara di Provinsi Papua. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Hikmat mengungkapkan Mensos Tri Rismaharini akan berkantor di Papua sambil mempersiapkan program pemberdayaan.

Menurut Harry, sudah lama ada keterpanggilan Bu Risma untuk  melihat Papua ini lebih maju.

“Beliau melihat harus ada upaya untuk Papua bangkit mungkin dari tradisi lama lebih berorientasi pada menerima bansos (bantuan sosial), jadi mendorong agar memberdayakan potensi yang dimiliki," ujar Harry kepada wartawan di Jakarta, Senin (4/10). 

Harry mencontohkan yang sedang dipersiapkan adalah menyamak kulit buaya di Mamberamo. 

Kulit tersebut tidak hanya akan dijual saja, tetapi diolah menjadi barang yang akan meningkatkan pendapatan orang Papua itu sendiri.

Selain itu, kata dia, Bu Risma juga mendatangkan pelatih dari Kota Timika untuk melatih orang-orang Mamberamo yang terlibat dalam usaha tersebut.

“Kami ajak teman-teman Mamberamo, orang-orang muda itu yang sering ibu katakan pahlawan ekonomi, dilatih para pengusaha yang biasa mengolah. Tidak hanya penyamakan kulit buaya, tapi Ibu berpikir akses transportasi antarkota, antarkelurahan, antaradesa, bahkan antarkampung," ujar dia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Bu Risma berencana akan berkantor sementara di Provinsi Papua. Ternyata ini yang akan dilakukan selama berkantor di Bumi Cenderawasih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News