Risma Memarahi ASN di Kalteng, Teras Narang Sampaikan Keprihatinan ke Tjahjo Kumolo

Risma Memarahi ASN di Kalteng, Teras Narang Sampaikan Keprihatinan ke Tjahjo Kumolo
Anggota DPD RI Agustin Teras Narang (kanan) bersama Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo saat Rapat Kerja Komite I DPD RI dengan MenPAN RB dan Plt Kepala BKN RI secara virtual, Senin (4/10/2021). ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Anggota DPD Agustin Teras Narang menanggapi sikap Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma yang marah secara keras dan di depan umum terhadap aparatur sipil negara (ASN) sekaligus Kepala Dinas Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, Elmon Sianturi.

Teras Narang pun menyampaikan keprihatinannya atas sikap Risma itu kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo tentang hal tersebut. 

"Teguran itu, menurut pandangan saya, tidak tepat dilakukan oleh seorang pejabat yang diminta oleh presiden untuk membantu tugasnya selaku kepala pemerintahan dalam bidang sosial," kata Teras Narang saat Rapat Kerja Komite I DPD dengan Tjahjo Kumolo dan plt kepala BKN di DPD, Senin (4/10). 

Mantan gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2010 dan 2010-2015 itu mengatakan prinsip saling menghormati dan tutur kata arif, yaitu "di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung", hendaknya dimaknai dan diterapkan pejabat negara.

"Saya paham tugas (menteri sosial) itu tidak mudah. Namun, saling hormat-menghormati dengan cara yang tepat, adalah sangat arif dan bijaksana dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini," kata dia.

Berita dan rekaman video tentang Risma marah-marah secara keras di depan umum kepada jajaran-jajaran di bawahnya langsung ataupun tidak langsung sudah sangat sering diluncurkan. 

Jejak digital tentang itu sangat mudah ditemui di media sosial. 

Cara Risma yang demikian itu terjadi di semua jabatan yang dia emban, mulai dari wali kota Surabaya hingga menjadi menteri sosial. 

Teras Narang menyampaikan keprihatinan kepada Tjahjo Kumolo atas perilaku Mensos Tri Rismaharini alias Risma yang memarahi ASN sekaligus kepala dinas sosial Kabupaten Katingan, Kalteng. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News