Risma Kirim 5 Psikolog Bantu Pemulihan Trauma Korban Kebakaran Kilang Indramayu

Risma Kirim 5 Psikolog Bantu Pemulihan Trauma Korban Kebakaran Kilang Indramayu
MensosTri Rismaharini (kiri) saat mendengarkan cerita para pengungsi korban kebakaran kilang Pertamina Balongan di Kabupaten Indramayu, Jabar, Senin (29/3/2021) malam. ( FOTO ANTARA/Khaerul Izan)

jpnn.com, INDRAMAYU - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Bu Risma berjanji akan mengirim lima psikolog untuk memberi bantuan pemulihan trauma para korban kebakaran kilang Pertamina Balongan, di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Jabar).

Bu Risma mengungkap itu saat mengunjungi pengungsi korban kebakaran kilang Balongan, Senin (29/3) malam.

"Saya juga lagi kirim psikolog dari Kabupaten Temanggung, Jateng untuk ikut memberikan bantuan trauma healing," kata Bu Risma.

Mantan wali kota Surabaya yang menjabat dua periode itu mengatakan peristiwa kebakaran yang begitu besar ini tentu membuat trauma warga sekitar, terutama yang rumahnya sangat dekat dengan lokasi kejadian.

Oleh karena itu, Bu Risma menilai perlu adanya psikolog yang bisa membangkitkan kembali kepercayaan warga, dan serta melakukan pemulihan trauma kepada para korban.

"Yang paling utama untuk penanganan para pengungsi ini yaitu menghilangkan trauma," ungkap Bu Risma.

Dia mengatakan psikolog yang didatangkan bukan hanya dari Kementerian Sosial (Kemensos) saja.

Menurutnya, pihak Pertamina juga sudah menerjunkan psikolog yang memberikan bantuan pemulihan trauma.

Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Bu Risma mengatakan kebakaran besar yang melanda kilang Pertamina Indramayu menyebabkan trauma, terutama kepada warga sekitar. Bu Risma akan mengirim psikolog membantu pemulihan trauma warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News