Ritual Seblang, Susi Susanti Kesurupan

Ritual Seblang, Susi Susanti Kesurupan
Susi Susanti, si Penari Seblang menari dan berkeliling pentas dalam keadaan tidak sadar. Foto: Shulhan Hadi/Radar Banyuwangi/JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Ada yang istimewa dalam penyelenggaraan ritual Seblang Olehsari Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jatim, Senin (18/6).

Berbeda dengan tahun lalu, kali ini penari Seblang dilakoni oleh Susi Susanti, 17 siswi SMK PGRI Banyuwangi. Gadis yang masih duduk di bangku sekolah ini baru pertama kali terpilih. Sebelumnya, selama tiga tahun berturut-turut, penari seblang diperankan oleh Fadia Yulianti, 12.

Di samping itu, ritual tahunan ini juga disaksikan sejumlah tokoh penting, salah satunya Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya.

Prosesi pemanggilan arwah leluhur sempat mengalami kegagalan beberapa kali. Bahkan, untuk menjaga kesakralan suasana. Sejumlah pengunjung yang berada di arena Seblang sampai diminta tidak memotret, hingga penari seblang benar-benar dalam kondisi trance alias tidak sadar.

Ketua adat Seblang Olehsari, Ansori menjelaskan, pelaksanaan Seblang kali ini memang berbeda dengan tahun lalu. Kali ini merupakan rangkaian pertama untuk tiga tahun mendatang. Selain itu, Susi yang terpilih menjadi penari juga baru pertama kali menjadi penari seblang.“ Dia baru pertama kali, dan ini yang pertama,” jelasnya.

Terkait prosesi yang terkesan tertunda beberapa kali, Ansori menjelaskan hal itu karena ada salah satu kerabat yang belum datang atau mengikhlaskan Susi menjadi penari. Untuk itu, sesepuh adat kemudian mengumpulkan semua anggota keluarga untuk dimintai kerelaan agar proses Susi menjadi Seblang lancar.

Kondisi seperti ini sangat wajar ketika seblang baru terpilih untuk pertama kalinya.“Tadi ada keluarga yang belum datang, Susi Susanti ini baru pertama kali,” ucapnya. Setelah itu, Susi Susanti pun sukses menjadi penari Seblang.

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya yang hadir di lokasi acara menyerahkan bantuan berupa tali asih dan bantuan seperangkat audio untuk kebutuhan acara Seblang. Tidak hanya itu, dia juga memborong bunga Dirma yang menjadi salah satu kekhasan ritual seblang.

Untuk pertama kalinya, Susi Susanti menjadi penari dalam ritual Seblang di Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News