Smart Kampung Banyuwangi Sita Perhatian Kota Cerdas ASEAN

Smart Kampung Banyuwangi Sita Perhatian Kota Cerdas ASEAN
Forum Kota Cerdas ASEAN di Singapura mendapat pemaparan soa Smart Kampung Banyuwangi. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, SINGAPORE - Program pengembangan perdesaan di Banyuwangi bernama Smart Kampung, menjadi perhatian forum workshop ASEAN Smart Cities Network (ASCN) di Singapura, 22 -25 Mei 2018.

Program yang mendekatkan pelayanan publik hingga ke level desa lewat pemanfaatan teknologi informasi ini dinilai sebagai salah satu solusi bagi pengembangan kawasan rural di Tanah Air.

Indonesia memilih Banyuwangi menjadi satu dari tiga daerah di Indonesia yang masuk dalam Jaringan Kota Cerdas ASEAN (ASCN). Sebanyak 26 kota/daerah dari sepuluh negara ASEAN terlibat dalam forum tersebut.

Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Gunawan mengatakan, para delegasi Indonesia memaparkan pengembangan smart city di forum itu.

"Setiap delegasi negara bisa mengetahui perkembangan smart city dari kota lain se-ASEAN, sekaligus menjadi referensi pengembangan praktik inovasi di negaranya masing-masing," kata Gunawan.

Sebelumnya, para delegasi juga mengikuti workshop yang menghadirkan pakar platform digital, pengentasan kemiskinan, dan pembangunan dari World Bank, Alibaba, Grab, Ernst and Young, Huawei, UNESCAP, dan UNDP.

Menurut Gunawan, pemilihan program Smart Kampung karena berhasil mendorong desa sebagai sentra pelayanan publik untuk meningkatkan daya saing sehingga kesejahteraan warganya meningkat.

"Smart Kampung cukup unik. Memang belum sepenuhnya sempurna, tapi inisiatif Banyuwangi ini layak diacungi jempol. Sasarannya langsung warga desa. Ini sesuai tujuan otonomi daerah yang memastikan masyarakat terlayani dengan baik, dan membawa kesejahteraan warga," ujarnya.

Smart Kampung adalah program pengembangan desa yang digagas Pemkab Banyuwangi untuk mendekatkan pelayanan publik hingga ke level desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News