Anas Bahas Smart Kampung Banyuwangi dalam Dialog sama Mendes

Anas Bahas Smart Kampung Banyuwangi dalam Dialog sama Mendes
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (tengah) dalam diskusi di Padang. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, PADANG - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendapat kesempatan membeberkan salah satu program daerahnya yang cukup membuat banyak kepala daerah penasaran, Smart Kampung. Apa itu?

Dalam dialog bersama sejumlah tokoh pada rangkaian Hari Pers Nasional di Padang, Rabu (7/2) malam, Anas mengungkap, kunci pembangunan nasional berada di desa.

"Strategi pembangunan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla yang fokus ke perdesaan, melalui dana desa dan program padat karya untuk mengintensifkan peredaran uang di desa, sudah sangat tepat. Nah, tugas pemerintah daerah menyokongnya dengan program-program penguat,” ujar Anas.

Dia menyebutkan, pemkab Banyuwangi mengembangkan program Smart Kampung dengan tujuh kriteria. Di antaranya pelayanan publik berbasis teknologi informasi. Saat ini, sudah 130 desa teraliri internet berbasis serat optik dari 189 desa. ”Memang belum semua, tapi bertahap ini dilakukan. Kami fasilitasi dengan alokasi dana desa,” tutur Anas.

Berkat TI, pelayanan publik lebih cepat dilakukan di desa. Hampir seluruh dokumen yang dulu mensyaratkan perizinan tingkat kecamatan, kini bisa dilakukan di desa. Termasuk dokumen untuk akses total layanan kesehatan bagi warga miskin.

”Dokumen akses total kesehatan itu kalau di sistem informasi Kementerian PAN-RB, butuh tiga hari karena harus izin kecamatan, lalu bupati ke dinas terkait. Tapi dengan Smart Kampung, cukup beberapa jam karena datanya yang berjalan, bukan orangnya,” kata Anas.

“Ini bagi warga kota mungkin sepele, tapi bagi warga desa sangat berarti. Bayangkan mereka urus dokumen harus ke kecamatan dan kota yang jauh, pinjam motor tetangga, meninggalkan sawah,” imbuh Anas.

Selain pelayanan publik, Smart Kampung mensyaratkan agenda lain. Pendidikan, misalnya, dengan kursus bahasa asing gratis yang tiap tahun dinikmati 2.600 warga desa.

Dengan Smart Kampung, sejumlah urusan perizinan yang biasanya butuh waktu berhari-hari, kini cuma beberapa jam saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News