Riza Yakin Pak Prabowo jadi Presiden

Riza Yakin Pak Prabowo jadi Presiden
Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Foto: Biro Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Gerindra Riza Patria mengaku sudah lama mengendus ada upaya partai pendukung pemerintah untuk menjadikan Joko Widodo sebagai calon presiden (capres) tunggal.

Menurut Riza, hal itu terdeteksi sejak awal pembentukan Undang-undang Pemilu beberapa waktu lalu. "Itu kami tantang, seharusnya tidak boleh ada calon tunggal," kata Riza, Jumat (2/3).

Namun, ujar Riza, pada akhirnya dalam UU itu dimungkinkan adanya calon tunggal. "Pasalnya ada, jadi melawan kotak kosong," ungkap dia.

Mantan wakil ketua Pansus UU Pemilu itu mengatakan, demokrasi harusnya membangun partisipasi masyarakat. Sesuai konstitusi, warga negara punya hak memilih dan dipilih.

"Kalau ada calon tunggal, masyarakat tidak punya hak pilih karena hanya ada satu calon. Itu kami tantang," jelasnya.

Namun, kata Riza, karena di parlemen yang berkuasa adalah partai pemerintah, mereka bersikeras adanya calon tunggal.

Dia menambahkan, regulasi yang mengatur ambang batas pencalonan presiden 20 persen dalam UU Pemilu, juga sebagai penggiringan ke arah calon tunggal.

Meskipun masih ada 80 persen, tapi hitungan partai itu tidak persis. Jadi dimungkinkan 10 partai yang punya hak untuk mengusung itu dikerucutkan untuk mengusung satu calon tunggal.

Riza Patria yakin Prabowo Subianto bakal terpilih menjadi presiden di Pilpres 2019 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News