Rizal Diperiksa Empat Jam

Bantah Terkait Demo Rusuh Mahasiswa

Rizal Diperiksa Empat Jam
Rizal Ramli dikerubuti wartawan usai memberi keterangan di bareskrim Mabes Polri. Foto: Rakyat Merdeka.
JAKARTA — Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli akhirnya muncul di kantor polisi. Doktor lulusan Boston University ini dicecar 17 pertanyaan dalam pemeriksaan sekitar empat jam dari pukul 10.00 sebagai saksi dalam kasus aksi anarkis massa dan mahasiswa yang melibatkan tersangka Ferry Joko Yuliantono Selasa (19/8). Rizal adalah Ketua Komite Bangkit Indonesia (KBI) dimana Ferry duduk sebagai Sekjen.

Pemanggilan itu adalah pemanggilan kedua, setelah Rizal tidak hadir pada pemanggilan pertama Kamis (14/8). Sebelum diperiksa tim penyidik, mantan komisaris utama PT Semen Gresik Tbk itu lebih dulu mendatangi Kapolri Jenderal Pol Sutanto dan Kabareskrim Komjen Pol Bambang Hendarso Danuri. Namun Rizal tak berhasil bertemu dengan keduanya.

Sebuah siaran pers berjudul Menentang Kenaikan Harga BBM, Capres Rizal Ramli Diperiksa Polisi disebarkan pada wartawan. Di dalam siaran pers sebanyak dua halaman itu, mantan Kepala Bulog tersebut menegaskan jika pemeriksaan dirinya  terkait kevokalannya mengritik pemerintah. Hal ini kembali diulang Rizal usai diperiksa. ”Kami (saya, Red) melihat ini adalah upaya pengadilan terhadap kebebasan berpendapat,” tegasnya.

Rizal menegaskan jika dirinya dan KBI tidak terkait dengan aksi rusuh dan anarkis mahasiswa serta massa di depan Universitas Atmajaya pada 24 Juni silam. Menurutnya, pada tanggal 23 hingga 24 Juni, dia berada di Cirebon untuk mengisi satu acara pengajian. Rizal juga tak tahu menahu dengan tuduhan polisi soal adanya aliran dana dari KBI supaya mahasiswa berbuat rusuh.

”Satu-satunya kegiatan unjuk rasa yang kami hadiri adalah dalam rangka 100 tahun Kebangkitan Nasional pada 20 Mei lalu. Itupun aman, damai, dan tertib,” bebernya. Lebih jauh, Rizal menduga jika upaya memojokan dirinya itu adalah upaya menjegalnya dirinya dalam meraih kursi presiden. ”Misalnya mengapa panggilan pertama itu dilakukan saat deklarasi sebagai Capres?,” tambahnya.

Seperti diberitakan, nama Rizal mengambang setelah Ferry ditahan polisi pada 27 Juni dengan sangkaan berada di balik demo anarkis mahasiswa dan massa pada 24 Juni. Saat itu massa dan mahasiswa mengamuk di depan gerbang DPR. Mereka membakar mobil pelat merah di depan Universitas Atma Jaya menolak kenaikan harga BBM. Kepala BIN Syamsir Siregar pernah menyebut seorang mantan menteri mendalangi aksi-aksi mahasiswa itu. Rizal akan diperiksa kembali pada Kamis (21/8). (naz)

JAKARTA — Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli akhirnya muncul di kantor polisi. Doktor lulusan Boston University ini dicecar 17 pertanyaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News