Rizal Ramli Curigai OJK Bakal Dikuasai Orang-Orang SMI

Rizal Ramli Curigai OJK Bakal Dikuasai Orang-Orang SMI
Rizal Ramli. Foto: dokumentasi JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Mantan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli merasa curiga ada pihak yang hendak menguasai Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kecurigaannya terpicu dengan tersingkirnya nama-nama top dalam proses seleksi calon komisioner di lembaga yang dibentuk berdasar UU Nomor 21 Tahun 2011 itu.

Rizal menduga ada upaya menempatkan orang-orang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI) di OJK. Jika itu terjadi, Rizal mengkhawatirkan OJK tak akan independen lagi.

"OJK jangan sampai hanya diisi oleh geng-geng SMI. Itu bahaya," ujar mantan Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli di Jakarta, Selasa (28/2).

Mantan menteri koordinator maritim dan sumber daya itu menambahkan, OJK harus dipimpin orang-orang yang profesional dan independen. Apalagi OJK punya peran sangat strategis dalam mendorong kemajuan bangsa ke depan, terutama di bidang jasa keuangan.

Pansel Dewan Komisioner OJK diketuai oleh Menkeu Sri Mulyani. Anggotanya antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan sejumlah nama lainnya.

Pansel OJK pada Sabtu lalu (25/2) mengumumkan 35 nama calon yang lolos seleksi tahap dua. Selanjutnya ke-35 nama itu akan diseleksi lagi menjadi 14, untuk kemudian diserahkan ke Presiden Joko Widodo.

Nantinya, Presiden Jokowi akan menyerahkan nama-nama hasil seleksi pansel DK OJK ke DPR. Selanjutnya, DPR akan menggelar fit and proper test.

Namun, Rizal melihat ada faktor suka dan tidak suka (like and dislike) di tubuh pansel terhadap nama-nama peserta seleksi. Pasalnya, peserta yang lolos seleksi tahap dua diisi sejumlah nama dari Kemenkeu. Antara lain, Rahmat Waluyanto dan Nurhaida yang merupakan pejabat di Bapepam.

Mantan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli merasa curiga ada pihak yang hendak menguasai Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kecurigaannya terpicu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News