Rizal Ramli: Jangan Harap Rakyat Bisa Sejahtera

Rizal Ramli: Jangan Harap Rakyat Bisa Sejahtera
Rizal Ramli. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Bekas Menko Maritim Rizal Ramli mengatakan, penderitaan yang dirasakan rakyat saat ini akibat dari tak berpihaknya pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, pemerintah telah berhasil menciptakan struktur ekonomi yang sangat tidak sehat.

"Kondisi itu tercipta karena para menteri ekonomi berhaluan neoliberalis. Makanya jangan harap kehidupan rakyat Indonesia akan semakin sejahtera,” ujar Rizal usai launching Baitut Tamwil Barkah Umat di Bandung, Sabtu (14/4).

Berdasarkan analisa yang dilakukannya, pertumbuhan ekonomi tahun ini stagnan di posisi lima persen. Begitu juga dengan pertumbuhan ekonomi pada 2019 mendatang.

Rizal pun menegaskan bahwa faktor pertama mandeknya pertumbuhan ekonomi adalah praktek korupsi yang sudah sampai pada level sistemik. Puluhan kepala daerah yang menjadi tersangka korupsi itu jelas menghambat aktivitas ekonomi.

“Solusinya sederhana, negara harus membiayai partai, seperti di Eropa dan Australia. Jadi partai bisa fokus mendidik kader yang berkualitas,” terang Rizal Ramli.

Faktor kedua adalah kurang ulet, inovatif dan berani. Kata dia, Indonesia harus belajar dari Vietnam yang terkenal ulet dan pekerja keras.

Sebab, faktanya pertumbuhan ekonomi negara yang pernah berhasil mengusir tentara Amerika Serikat itu berhasil melampaui Indonesia.

Sementara faktor ketiga, menurut pria yang ngebet jadi presiden in, sejak era Orde Baru sistem ekonomi yang dianut Indonesia adalah neoliberal ala Bank Dunia.

Rizal Ramli menebarkan rasa pesimismenya soal kondisi perekonomian Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News