Rizal Ramli Pengendali Sebenarnya, Gus Dur Hanya Eksekusi

Rizal Ramli Pengendali Sebenarnya, Gus Dur Hanya Eksekusi
Menko Kemaritiman Rizal Ramli saat menghadiri Malam Budaya Menyongsong Badan Otorita Danau Toba, Jakarta, Rabu (25/5). Foto: Ricardo/JPNN.com Ilustrasi by: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepiawaian Rizal Ramli mengelola ekonomi negara sudah terbukti. Lihat saja kondisi ekonomi pada masa pemerintahan Presiden Aburrahman Wahid alias Gus Dur. Ketika itu Rizal menjabat menteri koordinator perekonomian.

Itulah yang dikatakan bekas juru bicara Gus Dur, Adhie Massardi. Menurut dia, Rizal Ramli adalah sosok yang paling berjasa mengangkat ekonomi bangsa kala itu.

"Zaman Gus Dur kan politik saja (yang bergejolak), ekonominya tidak. Kenapa itu terjadi, karena di zaman Gus Dur (ekonomi) memang diatasi betul," katanya saat berbincang dengan redaksi RMOL, Kamis (15/3).

Adhie mengatakan, Gus Dur benar-benar mempercayakan sepenuhnya urusan ekonomi kepada Rizal. Ketika itu Gus Dur tak ubahnya seperti tukang stempel yang hanya mengesahkan setiap kebijakan yang disodorkan menkoperekonomian.

"Kalau ekonomi ini zaman Gus Dur yang mengendalikan 90 persen adalah Rizal Ramli. Gus Dur hanya eksekusi akhirnya. Tapi konsep segala macam ini Rizal Ramli," ungkap dia.

"Terbukti bisa mengatasi masalah ekonomi menengah ke bawah ini relatif clear lah. Pendapatan petani juga meningkat, kita juga bisa menaikkan gaji 200 persen PNS," tambah Adhie.

Sekarang, lanjut Adhie, bangsa membutuhkan sosok Rizal Ramli kembali di pemerintahan. Sehingga, masyarakat menengah bawah bisa terlindungi.

"Jadi menurut saya sih kalau jalan ekonominya mengikuti apa yang dilakukan oleh Rizal Ramli ya rakyat kita yang menengah ke bawah pasti akan lebih sejahtera lah dibandingkan dengan ekonomi yang neoliberal ya," lanjutnya.

Rizal Ramli diklaim sebagai sosok paling berjasa atas keberhasilan ekonomi pada era pemerintahan Gus Dur

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News