RKN Umumkan Pemenang Lomba Video Kreatif Bertema ‘Hari Lahir Pancasila’

RKN Umumkan Pemenang Lomba Video Kreatif Bertema ‘Hari Lahir Pancasila’
Ketua Panitia Lomba Video Kreatif RKN Sebastian Salang (tengah) didampingi Filipus Reza Pradipta (kanan) dan Fortunius Jewaru Parea saat memberikan keterangan pers di Kantor RKN, Jakarta, Sabtu (21/8/2021). Foto: Dok. RKN

jpnn.com, JAKARTA - Rumah Kebudayaan Nusantara (RKN) mengumumkan pemenang lomba video kreatif bagi generasi milenial, Sabtu (21/8/2021).

Lomba tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai ideologi pada Juni 2021. Pemenang lomba berhak mendapat hadiah uang tunai total R p22 juta.

Selain memperingati kelahiran Pancasila, lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan daya imajinasi dan kreativitas generasi milenial untuk membuat karya yang inspiratif, mudah dibuat dan juga berbiaya murah. Terutama di masa pandemi Covid-19 di mana kegiatan masyarakat di tempat-tempat umum sangat dibatasi.

Sejak pembukaan pendaftaran pada 17 Mei 2021 hingga 17 Juni 2021, lomba video kreatif RKN mendapat sambutan antusias dari peserta yang umumnya merupakan pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kategori tema lomba adalah Menanggulangi Hoaks, Merawat Keberagaman, Pengalaman di Masa Pandemi, dan Menjaga Lingkungan. Dari 433 video kiriman peserta, 266 di antaranya telah lolos seleksi,” kata Ketua Panitia Lomba Video Kreatif RKN Sebastian Salang didampingi Filipus Reza Pradipta dan Fortunius Jewaru Parea dalam keterangan pers, Sabtu (21/8/2021).

Menurut Sebastian, dari 266 video yang lolos seleksi, dua peserta mengundurkan diri di tengah lomba.

Kemudian juga terdapat 54 video yang terbukti melanggar copyright Youtube sehingga tidak bisa diunggah ke Channel Youtube RKN Media dan didiskualifikasi dari lomba.

“Hingga akhirnya video peserta yang berhasil diunggah ke Chanel Youtube RKN Media mencapai 210 karya video," ujar dia.

Rumah Kebudayaan Nusantara (RKN) mengumumkan pemenang lomba video kreatif bertema peringati Hari Lahir Pancasila

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News