Robot Dinosaurus di Senayan

Robot Dinosaurus di Senayan
Salah satu robot dinosaurs yang didatangkan dari Universal Studio, Amerika. Foto: Agus Srimudin/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Musim liburan sekolah tahun ini ada pilihan tontonan menarik bagi anak-anak Indonesia, yakni Dinosaurs Alive World Tour. Gelaran pertama di tanah air itu berlangsung selama sebulan penuh, 21 Juni hingga 20 Juli 2008, di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta Pusat. Ada 31 robot Dinosaurus yang mampu bergerak dan bersuara, didatangkan dari Universal Studio, Amerika. Tiket masuknya beragam, hingga Rp150 ribu, namun untuk anak-anak yatim piatu dan panti asuhan diterapkan tarif sosial.

Bahtiar dari B Edutainment mengatakan, Dinos Alive merupakan sebuah konsep edutainment yang diperuntukkan bagi kalangan keluarga Indonesia dalam mengisi liburan tengah tahun. ”Beragam jenis Dinosaurs itu telah tiba di Jakarta. Robot-robot Dinosaurs kini telah terpasang dan siap mengisi liburan bagi keluarga Indonesia. Dengan berbagai asesorisnya, pertunjukan kelas dunia ini siap menyajikan beragam Dinosaurus,” terang dia dalam press conference di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis sore (19/6).

Jenis-jenis Dinosaurus itu antara lain Tyranosaurus, Apatosaurus, Megasaurus, Triceratops, Camarasaurus, Allosaurus, Stegosaurus, Ankylosaurus, Suchomimus, Dimetrodon, Lamberasaurids, dan Raptor. ”Dan yang paling spektakuler adalah robot dari jenis Apatosaurus. Tinggi badannya 11 meter dan panjang 21 meter, robot ini mampu menggerak-gerakkan kepala dan ekornya. Sehingga dengan melihat dan membandingkan struktur dan tinggi Dinosaurus dalam skala yang sesungguhnya, anak-anak diharapkan mampu tergugah minatnya untuk mempelajari ilmu pengetahuan lebih dalam lagi tentang kehidupan di masa lampau,” terang Bahtiar, sedikit menceritakan acara yang diselenggarakan atas kerjasama B Edutainment, SCTV, dan Bank BRI tersebut.

Dia meyakini, dengan tenda berpendingin seluas lebih dari satu hektare, yang digelar selama satu bulan di masa liburan sekolah, even tersebut dikatagorikan yang terbesar, terlama, dan relatif berbiaya termahal dalam sejarah tontonan di dalam tenda untuk keluarga di Indonesia, yang berkapasitas 15.000 penonton perhari, dari pukul 10.00-20.00 Wib.

”Robot-robot yang didatangkan dengan bantuan 20 kontainer itu, kini sudah disetting sedemikian rupa sehingga para pengunjung seolah berada dalam taman Jurassic Park, sebuah film sukses yang juga diproduksi oleh Universal Studio,” terang pria yang kini juga tengah memproduksi film layar lebar, Laskar Pelangi, melalui Even Organzer B Edutainment tersebut.

Stevanus dan Budi dari SCTV menambahkan, sebagai partner B Edutainment dalam pertunjukkan itu, SCTV juga telah menyiapkan beragam kegiatan. Selain mini studio yang dibuat untuk melakukan siaran langsung, anak-anak diberi kesempatan untuk mengekspresikan nalurinya sebagai presenter.

”Setelah menerima breifing dari pengara senior, pengunjung bisa langsung action di depan kamera untuk membacakan berita. Dan setelah ditinggal beberapa waktu untuk mengelilingi wahana Jurassic Park atau bermain di berbagai inflable yang mengambil hampir 20 persen dari total area Dinosaurus Alive, pengunjung bisa mengambil hasil penyiarannya,” papar Stevanus.

Begitu pula yang disuguhkan Bank BRI. Menurut Helmi, pihaknya telah menyiapkan beragam kegiatan yang bersifat edukatif. ”Anak-anak dalam mengisi liburan sekolahnya bisa menjadi seorang profesor arkeologi dalam permainan fosil dig sekaligus berlibur dengan naik kereta api berkepala dinosaurus yang akan mengelilingi gua, hutan, dan lainnya. Lokasi BRI berada pada pintu masuk di zona biru,” terang dia.

JAKARTA - Musim liburan sekolah tahun ini ada pilihan tontonan menarik bagi anak-anak Indonesia, yakni Dinosaurs Alive World Tour. Gelaran pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News