Rocky Gerung Sebut Megawati Seharusnya Fokus Membersihkan Lingkungan PDIP, Bukan Ciliwung

Rocky Gerung Sebut Megawati Seharusnya Fokus Membersihkan Lingkungan PDIP, Bukan Ciliwung
Rocky Gerung. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat dan filsuf Rocky Gerung menilai bersih lingkungan di Sungai Ciliwung yang dilakukan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebaiknya direvisi. Bersih-bersih lingkungan lebih cocok jika dilakukan internal PDIP.

"Mungkin Ibu Mega harus mengucapkan ulang yang dimaksud bersih lingkungan. Bukan sekadar Ciliwung tetapi lingkungan PDIP sendiri." katanya di kanal YouTube pribadinya, Minggu (10/1).

Hal ini merujuk pada pemberitaan media yang menyebutkan kader partai banteng bermoncong putih ini beberapa kali berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terakhir kali adalah Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.

"Jadi bersih-bersih Ciliwung itu sinonim bersih-bersih bupati PDIP, kepala daerah PDIP,  karena media menunjukkan data seperti itu kan. Bahwa yang kotor itu adalah PDIP," sambungnya.

Partai bisa saja melakukan pembelaan dengan menyebutnya itu oknum. Bisa juga menyebut partai lain juga melakukan hal yang sama.

"Namun, PDIP bisa bilang itu adalah oknum. Iya, tetapi kalau oknumnya banyak itu artinya apa? Bisa saja PDIP bereaksi bahwa partai lain juga sama. Memang iya, biar mereka saling buka membuka sehingga bisa saling membersihkan diri," katanya.

Namun banyak hal yang menjadi catatan publik, misalnya kasus Harun Masiku yang hingga kini masih jadi buronan KPK. Juga kasus lain di daerah yang berkali-kali terjerat kasus korupsi yang berbeda.

"Kita punya banyak catatan, misalnya tentang Harun Masiku dan mungkin ada kepala daerah yang kena beberapa kasus korupsi yang berbeda," ujarnya. 

Rocky Gerung menyarankan ibu Megawati melakukan bersih-bersih di lingkungan internal PDIP dibandingkan sungai Ciliwung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News