Rogi Masih Walkot Manado

Rogi Masih Walkot Manado
Rogi Masih Walkot Manado
JAKARTA—Status Jimmy Rimba Rogi alias Imba masih tetap sebagai wali kota Manado. Departemen Dalam Negeri (Depdagri) akan menonaktifkan sementara, jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas berita acara perkara (BAP) Imba yang jadi tersangka kasus penyimpangan dana APBD Manado tahun anggaran 2006  ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

“Sesuai UU 32 Tahun 2004 dan PP No 6 Tahun 2005, seorang kepala daerah atau wakil kepala daerah harus dinonaktifkan sementara begitu ditetapkan sebagai tersangka sebagaimana tercermin dari pelimpahan berkas perkaranya ke pengadilan untuk proses penuntutannya,” ungkap Direktur Pejabat Negara Ditjen Otda Sapto Supono.

Adapun mekanisme penonaktifan sementara itu, gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah harus melaporkan kepada Mendagri. Sekaligus menunjuk wakil kepala daerah bersangkutan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sampai keluarnya putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.

”Dalam laporan gubernur itu akan dicantumkan nomor berita acara perkara (BAP) ke pengadilan. Setelah laporan gubernur masuk. Depdagri akan memprosesnya. Paling lama tujuh hari suratnya sudah keluar,” jelasnya.

JAKARTA—Status Jimmy Rimba Rogi alias Imba masih tetap sebagai wali kota Manado. Departemen Dalam Negeri (Depdagri) akan menonaktifkan sementara,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News