Rowhani Janjikan Reformasi Iran

Rowhani Janjikan Reformasi Iran
Hassan Rowhani. Foyo: Brisbane Times
TEHERAN - Hassan Rowhani bakal menggantikan Mahmoud Ahmadinejad sebagai presiden Iran. Kemarin (16/6) Kementerian Dalam Negeri merilis hasil penghitungan suara resmi yang menempatkan ulama moderat itu pada urutan pertama. Dengan perolehan 18,6 juta suara, tokoh 64 tahun tersebut sukses mengungguli lima pesaingnya.

"Kemenangan ini merupakan kemenangan bagi kebijaksanaan, kesederhanaan, pertumbuhan, dan kesadaran. Juga, kemenangan atas komitmen kita bersama untuk menghadapi ekstremis dan barisan sakit hati," ungkap Rowhani dalam pidato kemenangannya yang disiarkan stasiun televisi pemerintah.

 

Mantan juru runding nuklir itu berjanji untuk melibatkan seluruh elemen politik Iran dalam pemerintahan. Kubu moderat menyambut berita kemenangan Rowhani dengan sukacita. Begitu mendengar bahwa kandidat yang didukung sukses meraup 50,68 persen suara, mereka langsung menari dan bersorak-sorai di sudut-sudut jalan.

 

Tidak hanya di Teheran, massa moderat di beberapa kota besar lain juga merayakan kemenangan Rowhani dengan selebrasi di jalanan. "Hidup reformasi! Hidup Rowhani!" ucap para pendukung Rowhani.

 

TEHERAN - Hassan Rowhani bakal menggantikan Mahmoud Ahmadinejad sebagai presiden Iran. Kemarin (16/6) Kementerian Dalam Negeri merilis hasil penghitungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News