Rp100 M per Tahun untuk Mahasiswa Miskin

Rp100 M per Tahun untuk Mahasiswa Miskin
Rp100 M per Tahun untuk Mahasiswa Miskin
JAKARTA-Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) bersama dengan pengurus beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia siap untuk memberikan beasiswa kepada 20 ribu orang mahasiswa kurang mampu.

“Beasiswa yang akan digulirkan mulai bulan Januari 2010  ini ditujukan bagi calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Dana beasiswa dan biaya pendidikan yang akan diberikan adalah sebanyak Rp 5 juta per mahasiswa per semester, dan ini  untuk 20 ribu orang mahasiswa,” jelas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Depdiknas Fasli Jalal di Jakarta, Rabu (23/12). Dengan demikian, disiapkan Rp100 miliar setiap tahunnya untuk 20 ribu mahasiswa

Dikatakan, dengan adanya program beasiswa Bidik Misi ini diharapkan dapat melipatgandakan jumlah presentase anak dari keluarga termiskin di Indonesia yang masuk di pendidikan tinggi.

Fasli menyebutkan, dari 20 persen keluarga termiskin di Indonesia, saat ini baru sebanyak 3,3 persen anak yang  sudah masuk di pendidikan tinggi. “Selain itu, kami juga mengharapkan agar  ketimpangan antara 20 persen terkaya dengan 20 persen termiskin yang saat ini 10 kali lipat, dapat dikurangi. Begitu mereka masuk, maka mereka diharapkan tidak putus pendidikannya,” ujarnya.

JAKARTA-Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) bersama dengan pengurus beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia siap untuk memberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News