Rp166 M Perbaiki 8 DAS Kritis

Rp166 M Perbaiki 8 DAS Kritis
Rp166 M Perbaiki 8 DAS Kritis
PAINAN--Ancaman bencana banjir selalu mengintai Kabupaten Pesisir Selatan. Sebab, kondisi sungai besar, rawa, irigasi dan bendungan di Pessel semakin kritis dan perlu segera dinormalisasi. Ada delapan sungai besar dan irigasi yang kondisinya kritis dan mendesak dinormalisasi. Setiap musim hujan, delapan sungai itu selalu meluap.

Delapan sungai itu melintasi 8 kecamatan. Tak ayal, penduduk di delapan kecamatan itu selalu menjadi langganan banjir akibat luapan air sungai. Delapan sungai itu Batang Tarusan (Kecamatan Koto XI Tarusan), Batang Bayang (Bayang), Batang Jalamu (Batang Kapas), Batang Lengayang (Lengayang) dan Batang Gambir (Basa Ampek Balai Tapan), Sungai Liku (Ranah Pesisir), Surantih (Sutera) dan Batang Air Haji (Linggo Sari Baganti).

Sekretaris Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Pesisir Selatan, Febrianes mengungkapkan, tahun 2012-2014 telah dialokasikasi dana sebesar Rp 166 miliar. Rinciannya, dari APBN Rp 130 miliar dan APBD Sumbar Rp 35,7 miliar. Dana tersebut untuk perbaikan sungai, irigasi, rawa dan bendungan. Biaya perbaikan berkisar Rp 8-15 miliar per unit.

Dari data PSDA Pessel, kondisi sungai, rawa dan bendungan di daerah berbatasan dengan Bengkulu itu sudah sangat kritis. Karena itu, butuh perhatian serius pemerintah agar tidak ditimpa bencana sepanjang tahun. 

PAINAN--Ancaman bencana banjir selalu mengintai Kabupaten Pesisir Selatan. Sebab, kondisi sungai besar, rawa, irigasi dan bendungan di Pessel semakin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News