RS Metropolitan Medical Centre Jakarta Gelar Acara Virtual Maternity Yoga

RS Metropolitan Medical Centre Jakarta Gelar Acara Virtual Maternity Yoga
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre dr. Kencana Shinta Moser, Sp.OG dalam acara virtual dan live streaming bertajuk "Maternity Yoga" pada Selasa 17 Agustus 2021. Foto: Dok. RS MMC Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre Jakarta menyelenggarakan acara virtual dan live streaming bertajuk "Maternity Yoga" pada Selasa pagi, 17 Agustus 2021.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan ibu hamil di seluruh Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehamilan.

Tercatat lebih dari 100 peserta ibu hamil mengikuti yoga kehamilan ini baik melalui platform Zoom, Instagram Live serta Youtube Live Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre, yang dipandu langsung oleh instruktur bersertifikat Rere Soraya.

Dalam situasi pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) lanjutan tidak menghalangi semangat para ibu untuk mengikuti Virtual Maternity Yoga dengan tetap di rumah saja.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan dari Maternity Yoga menjadi tujuan dari para ibu untuk bergabung dan melakukan yoga bersama dan serentak. Ini adalah salah satu bentuk olahraga yang memang direkomendasikan baik untuk melatih fisik juga emosi para ibu yang dalam kehamilannya mengalami banyak perubahan secara hormonal dan emosional.

“Gerakan yoga didesain untuk mengakomodasi perubahan-perubahan yang terjadi pada ibu hamil, hingga melatih otot sekitar panggul dan dipersiapkan untuk memperlancar persalinan. Pada prenatal yoga dapat membantu mengurangi keluhan-keluhan selama kehamilan, seperti sakit pinggang dan sakit punggung,” kata dr. Kencana Shinta Moser, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre dalam siaran pers pada Sabtu (21/8).

Pada gerakan yoga diajarkan berbagai teknik-teknik yang dapat bermanfaat bagi ibu dalam mempersiapkan persalinan. Termasuk teknik pernapasan sangat penting agar ibu dapat memiliki napas yang baik, kemudian dapat menguasai emosi dan tubuhnya sendiri. Sehingga dari pernapasan yang baik, maka asupan oksigen ke bayi pun akan baik juga.

“Pada saat yoga, dimulai dengan latihan pernapasan atau disebut Pranayama. Kemudian diakhiri dengan latihan relaksasi atau Savasana (yang) diajarkan bagaimana membuat diri kita rileks," kata dr. Shinta saat menjelaskan manfaat Maternity atau Prenatal Yoga.

Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre menyelenggarakan acara virtual dan live streaming bertajuk 'Maternity Yoga' pada Selasa pagi, 17 Agustus 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News