RSLI Surabaya Kebanjiran Pasien Covid-19, Nakes Kelelahan Mudah Terinfeksi

RSLI Surabaya Kebanjiran Pasien Covid-19, Nakes Kelelahan Mudah Terinfeksi
Penanggung Jawab RSLI Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara. Foto: Humas RSLI

jpnn.com, SURABAYA - Sejumlah tenaga kesehatan di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya kelelahan menghadapi banyaknya pasien yang terus berdatangan. 

Penanggung Jawab RSLI Surabaya Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan, kemampuan pihaknya sudah berada di titik puncak dalam menangani pasien. 

"Saya mengkhawatirkan kondisi tenaga kesehatan menyusul lonjakan kasus Covid-19 yang mengakibatkan RSLI kebanjiran pasien," kata dia, Senin (28/6).

Per hari ini, jumlah pasien yang dirawat sebanyak 358 orang dari kapasitas tempat tidur yang tersedia 410.

Masih ada juga pasien yang inden atau antre masuk sebanyak 213. 

"Yang jadi perhatian kami adalah kelelahan kawan-kawan nakes, begitu mereka kelelahan, imunnya turun dan akan mudah terinfeksi," ujar dia. 

Nalendra pun mengimbau semua pihak untuk lebih taat dan ketat dalam menjalankan protokol kesehatan, terutama 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) ditambah 1M lagi yaitu menghindari makan bersama.

Kemudian, meningkatkan imunitas dengan cara makan makanan bergizi, banyak protein, vitamin dari asupan buah-buahan, menjaga kebugaran tubuh serta pikiran agar rileks dan tidak capek.

Penanggung Jawab RSLI Surabaya mengkhawatirkan kondisi tenaga kesehatan menyusul lonjakan kasus Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News