RSUD Terbelit Utang, DPRD Desak Pemkot Cari Pinjaman

RSUD Terbelit Utang, DPRD Desak Pemkot Cari Pinjaman
RSUD Terbelit Utang, DPRD Desak Pemkot Cari Pinjaman

jpnn.com - TAWANG –  Untuk bisa menyelamatkan kondisi keuangan di RSUD Doktor Soekardjo, Tasikmalaya,  yang terlilit utang kepada supllier (pemasok) obat dan PMI Tasikmalaya, Pemerintah Kota Tasikmalaya diminta  secepatnya mencari dana talangan.

“Solusi satu-satunya menurut saya, ya pemkot harus mencarikan pinjaman untuk rumah sakit. Itu masih memungkinkan untuk menyelamatkan RSUD agar tidak kolep,” ujar Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Agus Wahyudin SH MH saat ditemui di sela acara peresmian pembangunan Kecamatan Tawang, kemarin (4/3).

Agus menilai, tidak ada jalan lain bagi pihak rumah sakit selain mencari dana talangan. Untuk menyelamatkan keuangan RSUD, karena saat ini situasinya sudah tidak memungkinkan lagi bagi rumah sakit untuk terus bertahan.

Menurut dia, meski sebelumnya pemkot baru meminjam uang Rp 1 miliar ke BJB. Namun tetap memungkinkan mencari pinjaman untuk membantu RSUD, sebab pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat tetap harus terpenuhi, sesulit apapun. “Saya rasa masih ada yang akan memberikan pinjaman atas nama pemkot dengan persetujuan DPRD,” terangnya.

DPRD sendiri, kata dia, akan membahas masalah tersebut diinternal. Untuk memberikan persetujuan kepada pemkot mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan atau perbankan, agar menyelamatkan rumah sakit dari keterpurukan.

Karena hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai pembayaran klaim jamkesmas dari pemerintah pusat senilai Rp 22 miliar.

“Dewan nanti akan membahas. Seberapa urgensinya di DPRD, kalau memang pemkot merasa memerlukan persetujuan dewan untuk mengajukan pinjaman yang besar,” terangnya.

Pemkot sendiri,  hingga saat ini belum memiliki solusi lain. Wali Kota  Tasikmalaya Drs H Budi Budiman pernah mencetuskan untuk membuat dana cadangan mengatasi persoalan tersebut. Namun belum memiliki gambaran dari mana dana cadangan itu akan diambil.

TAWANG –  Untuk bisa menyelamatkan kondisi keuangan di RSUD Doktor Soekardjo, Tasikmalaya,  yang terlilit utang kepada supllier (pemasok)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News