Rumah Abu Han Bersiap Sambut Imlek

Rumah Abu Han Bersiap Sambut Imlek
Sejarawan Freddy H Istanto menunjukkan detail dari Rumah Abu Han. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Rumah Abu Han yang begitu legendaris di Surabaya mulai menyiapkan diri menyambut perayaan Imlek tahun ini. Ada sejumlah tradisi di tempat sembahyang leluhur Han Bwee Koo itu. Baik menjelang maupun pada saat perayaan. 

Beberapa persiapan yang terlihat di rumah ibadah di Jalan Karet Nomor 72, Pabean, itu adalah bersih-bersih serta menyiapkan ratusan cangkir teh dan tempat sajian makanan. Minuman dan makanan disajikan menjelang perayaan Imlek. "Kalau dekat Imlek begini memang lebih sering ada yang sembahyang," kata Prayitno Suwito, salah seorang penjaga Rumah Abu Han. 

Ratusan cangkir itu disiapkan di bagian halaman belakang rumah. Bagian depan rumah, tempat persembahyangan, juga mulai dibersihkan. Bejana dupa beserta lemari berisi tablet (papan nama) arwah leluhur diusap dengan menggunakan kemoceng. Membersihkan tablet bukan pekerjaan ringan. Ada ratusan tablet yang harus dijaga di rumah tersebut.

Bukan itu saja. Lantai marmer di ruang keluarga dan ruang sembahyang juga harus selalu bersih. Terutama menjelang momen-momen penting seperti Imlek. "Setiap Imlek sudah pasti ada acara keluarga di sini," jelasnya. (bil/c7/eko/jpnn)

Ada sejumlah tradisi di tempat sembahyang leluhur Han Bwee Koo itu. Baik menjelang maupun pada saat perayaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News