Rumah Sakit UI Tambah Ruang Perawatan Khusus Pasien Corona

Rumah Sakit UI Tambah Ruang Perawatan Khusus Pasien Corona
Salah satu ruang di RSUI Depok. Foto: ANTARA/HO-Humas RSUI

jpnn.com, DEPOK - Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menambah ruang perawatan baru khusus untuk penanganan pasien Corona (COVID-19) yang dilengkapi dengan ruang intensif dan ruang isolasi.

"Ada dua lantai yang dibuka sebagai ruang perawatan isolasi untuk pasien COVID-19, yakni di lantai 13 dan 14. Lantai 13 terdapat 23 tempat tidur dan lantai 14 terdapat 18 tempat tidur, sehingga total ruang perawatan baru yang dibuka sebanyak 41 tempat tidur," kata Plt Direktur Utama RSUI, Dr. dr. Sukamto dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Menurut dia, RSUI telah menyiapkan ruang perawatan intensif untuk pasien COVID-19 dewasa di lantai 3 berkapasitas 18 tempat tidur dan untuk anak di lantai 6 berkapasitas 8 tempat tidur, yang terpisah dengan ruang perawatan pasien non COVID-19.

Namun jumlah ruang rawat COVID-19 dirasakan masih kurang seiring meningkatnya kasus.

Untuk memenuhi kebutuhan perawatan pasien COVID-19, RSUI membuka ruangan perawatan baru dengan jumlah kapasitas yang lebih banyak, yaitu ruang rawat isolasi dengan 41 tempat tidur yang akan dioperasikan secara bertahap.

"Semua ruang rawat COVID-19 yang ada di RSUI dipersiapkan dengan tekanan negatif sehingga risiko penularan dapat ditekan," jelasnya.

Untuk mendukung penanganan pasien COVID-19 lebih optimal, RSUI juga dilengkapi dengan beberapa alat bantu pernafasan atau ventilator. Ventilator tersebut akan diaktifkan untuk membantu pasien COVID-19 dengan derajat penyakit yang berat, terutama untuk pasien dengan usia lanjut atau pasien dengan penyakit bawaan yang memiliki resiko kematian lebih tinggi.

"Sebenarnya kami memiliki ketersediaan ventilator cukup banyak, namun yang kami aktifkan saat ini terbatas karena disesuaikan dengan jumlah tenaga dokter dan keperawatan yang mampu mengoperasikan alat tersebut," kata dr. Sukamto.

Ruang perawatan baru khusus untuk penanganan pasien Corona di RSUI dilengkapi dengan ruang intensif dan ruang isolasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News