Rupiah Hari Ini Melemah Terus, Pemerintah Diminta Pasang Kuda-Kuda

Rupiah Hari Ini Melemah Terus, Pemerintah Diminta Pasang Kuda-Kuda
Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank ditutup melemah pada perdagangan sore ini, Senin (7/4). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank ditutup melemah 29 poin pada perdagangan sore ini.

Rupiah ditutup pada angka perdagangan Rp 14.971 per USD atau melemah 25 poin dari penutupan perdagangan kemarin di level Rp 14.941 per USD.

Direktur PT. Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan melemahnya rupiah hari ini disebabkan oleh faktor eksternal.

Menurut Ibrahim, salah satu penyebabnya ialah dolar mempertahankan mata uang yang sensitif terhadap perdagangan di dekat posisi terendah multi-tahun sehingga investor mencari keamanan karena kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan global.

"Data Jumat menunjukkan inflasi zona euro melonjak ke rekor lain, menambah kasus bagi Bank Sentral Eropa untuk menaikkan suku bunga bulan ini," ujar Ibrahim.

Kemudian, di Amerika Serikat dan negara lain, tanda-tanda pelemahan ekonomi menjadi kian nyata.

Selanjutnya, investor sedang menunggu hasil pertemuan mengingat The Fed memilih untuk menaikkan suku bunga sebesar 75 bps.

Selain itu, dari faktor internal pasar terus menyoroti tingginya inflasi global yang berdampak terhadap inflasi di Indonesia.

Nilai tukar rupiah hari ini yang ditransaksikan antarbank ditutup melemah pada Senin (7/4) sore.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News