Rupiah Melemah, Menteri Sofyan Salahkan Tren Global

Rupiah Melemah, Menteri Sofyan Salahkan Tren Global
Rupiah Melemah. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan melemahnya rupiah bukan karena masalah dalam negeri. Namun ia menyebut situasi global menjadikan rupiah belakangan ini melemah hingga menyentuh nilai Rp 12.900 per USD pada hari ini.

"Ini kan tren global, bukan cuma Indonesia saja, tapi semua mata uang mengalami tekanan luar biasa," ujar Sofyan di kantornya, Jakarta, Selasa (16/12).

Sofyan menegaskan terperosoknya rupiah bukan karena kinerja pembantu Presiden Joko Widodo yang buruk. Ia justru mengklaim bahwa kinerja pemerintahan Jokowi-JK menuai pujian meski baru beberapa bulan bekerja.

Mantan menteri BUMN ini juga sesumbar pemerintah akan melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas rupiah.

"Bukan karena persoalan kita (Indonesia), bukan karena dalam negeri, karena politik kita stabil, kebijakan pemerintah dipuji semua orang. Kabinet kerja luar biasa keras kerjanya, dan kita deliver, perbaikan sistem investasi, padahal kita kerja baru dua bulan. Pemerintah akan lakukan segala upaya jaga stabilitas rupiah," kata Sofyan. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan melemahnya rupiah bukan karena masalah dalam negeri. Namun ia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News