Senin, 27 Mei 2019 – 08:09 WIB

Rusia Mulai Menguji Kereta Api Tanpa Pengemudi

Minggu, 17 Februari 2019 – 20:16 WIB
Rusia Mulai Menguji Kereta Api Tanpa Pengemudi - JPNN.COM

jpnn.com - Moskow akan memiliki kendaraan otomon atau kendaraan tanpa pengemudi yang akan mulai beroperasi pada 2021-2022. Menariknya, kendaraan ini bukanlah mobil, melainkan transportasi kereta api yang bisa jalan sendiri tanpa pengemudi.

Melansir Carscoops, Minggu (17/2), proyek yang diberi nama trem otonom ini merupakan hasil kerja sama dua perusahaan Rusia yakni PC Transport Systems and Cognitive Technologies.

Sejatinya, kendaraan transportasi tanpa pengemudi pertama kali hadir di Potsdam, Jerman pada September 2018 lalu.

PC Transport Systems (produsen kendaraan listrik perkotaan Rusia) dan Congnitive Technologies (pengembang kecerdasan buatan untuk solusi mengemudi otonom) akan mulai menguji trem otonom mereka dengan operator di kabin pada fasilitas tertutup.

Kemudian, fase berikutnya mencakup tes yang dilakukan pada salah satu rute trem kota Moskow. Hebatnya, sistem pada kereta itu dapat mendeteksi kendaraan, trem lain, lampu lalu lintas, pejalan kaki, sakelar kereta api, dan hambatan lainnya.

Trem otonom itu juga mampu melakukan pemberhentian darurat dan menjaga jarak yang aman pada mobil di depan.

Menerapkan teknologi otonom ke dalam trem membuat sistem transportasi kereta api menjadi salah satu yang paling aman dalam bisnis tersebut.

Trem otonom buatan Rusia akan dilengkapi 10-20 kamera yang dipasang di sekelilingnya, 10 radar, sensor GPS, dan kartografi presisi tinggi untuk rute yang ditentukan. Sistem visi komputer berbasis AI akan menggabungkan data mentah dan bertindak sesuai dalam kondisi cuaca apa pun.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar