Rusmiati Sebut Kuliner Seblak Bisa jadi Warisan Budaya, Tetapi Ada Syaratnya

Rusmiati Sebut Kuliner Seblak Bisa jadi Warisan Budaya, Tetapi Ada Syaratnya
Kuliner seblak. Foto: dok Cookpad

jpnn.com, JAKARTA - Kuliner seblak yang belakangan ini semakin populer bisa diusulkan untuk ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia.

Sebab, kuliner yang tumbuh di Kabupaten Garut dan Bandung, Jawa Barat itu sudah ada sejak lama dan tetap bertahan sampai saat ini.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat Pelindungan Kebudayaan pada Kemendikbudristek, Rusmiati seusai kegiatan Sosialisasi Pelindungan Warisan Budaya di Hotel Harmoni, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (22/7).

"Ini yang lagi ramai kuliner seblak, itu dari Bandung apa Garut, harus ada kajian, dan bisa diusulkan sebagai warisan budaya," kata Rusmiati.

Dia menjelaskan kuliner seblak sudah ada sejak lama yang dikabarkan menjadi tradisi masyarakat memasak kerupuk basah dengan bumbu rempah-rempah khas dan terus berkembang di masyarakat.

Terkait asal mula daerahnya itu, kata dia, harus dikaji, jika ada di beberapa daerah misalkan dari Garut dan Bandung, maka bisa diusulkan menjadi kuliner daerah tingkat provinsi sebagai warisan budaya tak benda dari Provinsi Jawa Barat.

"Kalau misalkan inisiatornya Garut dengan Bandung, maka bisa ditarik menjadi Provinsi Jawa Barat, maka silakan usulkan bagaimana sejarah seblak itu," kata Rusmiati.

Dia menyampaikan untuk mengusulkan kuliner seblak sebagai warisan budaya maka harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan, di antaranya sejarah atau ada cerita tentang seblak.

Seblak bisa diusulkan menjadi kuliner daerah tingkat provinsi sebagai warisan budaya tak benda dari Provinsi Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News