Rusuh Lapas seperti Arisan dan Bisa jadi Bom Waktu

Rusuh Lapas seperti Arisan dan Bisa jadi Bom Waktu
Rusuh Lapas seperti Arisan dan Bisa jadi Bom Waktu

jpnn.com - JAKARTA - Kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan Palopo, Sulawesi Selatan menambah panjang daftar persoalan lapas di Indonesia.

Bahkan, Anggota Komisi Hukum DPR Aboebakar Alhabsy menilai rusuh lapas yang selalu bergiliran terjadi di daerah-daerah sudah seperti arisan.

"Jangan sampai persoalan ini menjadi bom waktu di masa mendatang," ujarnya, Minggu (15/12).

Ia mengatakan, perlu ada evaluasi terhadap tata kelola lapas secara mendasar.

Selain itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera ini mengatakan perlu ada telaah terhadap penyebab kerusuhan yang kerap terjadi di lapas. Menurutnya, perlu dikaji apa saja yang menyebabkan para napi berani melawan sipir dan melakukan tindakan anarkis hingga pembakaran.

"Apakah selama ini terjadi salah asuhan, sehingga akibatnya seperti ini. Mungkin saja pendekatan yang dilakukan terhadap warga binaan masih kurang tepat," paparnya.

Karenanya, Aboebakar mengatakan  pendekatan yang humanis dan tata kelola yang baik akan bisa menjadi solusi untuk persoalan kerusuhan lapas yang selama ini terjadi. 

Seperti diketahui, dari rusuh Lapas Palopo, jatuh dua korban dan fasilitas negara yang dibakar. "Ada dua orang luka-luka, salah satunya adalah kepala lapas Palopo, tetapi tidak ada luka yang serius dan ada beberapa fasilitas yang terbakar," kata Menkumham Amir Syamsudin di Jakarta, kemarin. (boy/jpnn)

JAKARTA - Kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan Palopo, Sulawesi Selatan menambah panjang daftar persoalan lapas di Indonesia. Bahkan, Anggota Komisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News