Rusuh, Suasana Lapas Mencekam, Dor! Dor!

Rusuh, Suasana Lapas Mencekam, Dor! Dor!
Personel Polres Banjarbaru menyusuri semak dan hutan di sekitar tembok lapas tak lama setelah kerusuhan pecah. Foto: SYARAFUDDIN/RADAR BANJARMASIN

jpnn.com, BANJARBARU - Suasana mencekam menyelimuti Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjarbaru, Kalsel, kemarin (24/7). Berawal dari perkelahian antarnarapidana, terjadi kerusuhan hingga upaya pelarian.

Puluhan personel Polres Banjarbaru, Polres Banjar dan Brimob Polda Kalsel dikerahkan. Sebagian besar masuk ke dalam mengenakan rompi anti peluru, senapan laras panjang, tameng anti huru-hara dan gas air mata.

Sebagian membawa pentungan dan senter berkeliling ke sepanjang tembok pagar lapas, antispasi jika ada tahanan yang berhasil kabur.

Berkali-kali terdengar letusan tembakan peringatan di sekitar hutan dan semak yang mengungkung lapas. Tembakan dilakukan guna menakut-nakuti tahanan yang berpikir nekat untuk kabur.

Awal masalah adalah perkelahian antarnapi di Blok E dan Blok F. Gara-gara masalah utang antar napi. Perkelahian itu membuat ribut dua blok penjara. Kericuhan ini diperkirakan terjadi pukul 15.30 Wita.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya dan puluhan anggotanya segera mendatangi lapas di Jalan Mistar Cokrokusomo Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka tersebut.

Hanya AKBP Kelana, Kapolsek Banjarbaru Timur AKP Avan Suligi dan Kabag Ops Polres Banjarbaru Kompol Mujiono yang masuk ke dalam lapas.

Sisanya berjaga di luar. Rupanya, kepala lapas merasa masih bisa mengendalikan situasi dan belum memerlukan bantuan.

Suasana mencekam menyelimuti Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjarbaru, Kalsel, kemarin (24/7). Berawal dari perkelahian antarnarapidana, terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News