Ruwi Penerima Ramon Magsaysay Award

Ruwi Penerima Ramon Magsaysay Award
Ruwi Penerima Ramon Magsaysay Award
JAKARTA - Pecinta alam dan aktivis kehutanan Indonesia, Ambrosius Ruwindrijarto, terpilih menjadi penerima penghargaan Ramon Magsaysay Award 2012. Ruwi mendapat penghargaan atas jasanya menyelamatkan hutan dan kegigihannya mengungkap pembalakan kayu ilegal di Indonesia.

"Penerima penghargaan untuk kategori Emerging Leadership adalah Ambrosius Ruwindrijarto dari Indonesia. Dia dikenal karena upayanya mempromosikan pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat di Indonesia, memimpin investigasi, dan mengampanyekan penghentian pembalakan liar, sekaligus menginisiasi ide baru wirausahaan sosial serta melibatkan masyarakat lokal sebagai partner kerja." Demikian rilis Ramon Magsaysay Award Foundation tentang salah satu pendiri Yayasan Telapak di Bogor ini.

Sejak 1999, Telapak bekerjasama dengan Badan Investigasi Lingkungan Hidup (EIA) yang bermarkas di Inggris melacak dan membongkar jaringan pembalakan kayu ilegal di Kalimantan. Dalam prosesnya, Ruwi pernah diserang secara fisik serta kerap mendapat dan diancam dibunuh oleh pihak-pihak yang terlibat pembalakan kayu.

"Saya dihubungi oleh Presiden Ramon Magsaysay Foundation. Dia bilang bahwa saya terpilih menerima Ramon Magsaysay Award untuk kategori Emergent Leadership. Tentu saja saya kaget dan sama sekali tidak menyangka," ujar Ruwi kemarin (26/7).

JAKARTA - Pecinta alam dan aktivis kehutanan Indonesia, Ambrosius Ruwindrijarto, terpilih menjadi penerima penghargaan Ramon Magsaysay Award 2012.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News