Saat Hujan Turun Rosnena Mendengar Suara dari Atap Rumah, Fenomena Langka

Saat Hujan Turun Rosnena Mendengar Suara dari Atap Rumah, Fenomena Langka
Buliran es yang menyertai hujan yang terjadi di sekitar kawasan Bandara Lama Sultan Hasanuddin, Mandai, Maros, Sulsel, Senin (9/11). Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, MAKASSAR - Fenomena hujan es yang terjadi di sekitar Bandara Lama Sultan Hasanuddin, Mandai, Kabupaten Maros dipengaruhi adanya pertumbuhan awan comulonimbus (cb) di wilayah pesisir laut.

Menurut Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Nur Asia Utami, hujan es ini merupakan fenomena yang umum terjadi. Buliran-buliran hujan es dapat muncul karena adanya pertumbuhan awan comulonimbus (cb) di wilayah pesisir laut yang dapat memicu hujan.

“Jadi, awan comulonimbus ini bisa menghasilkan hujan intensitas sedang/lebat disertai angin kencang. Hujan es hanya bisa terjadi dari awan comulonimbus,” katanya, Senin (9/11).

Kendati diakui, hujan seperti ini tidak dapat terjadi setiap saat, namun bisa saja terjadi sewaktu-waktu ketika ada pemicu dari pertumbuhan awan comulonimbus (cb), namun butiran esnya tidak berdiameter besar.

Yang jelas, lanjut dia, fenomena hujan es biasanya terjadi di musim transisi ketika awan comulonimbus yang terbentuk cukup tinggi, sehingga harus melepaskan bebannya.

Sementara itu, salah seorang warga Mandai yang tidak jauh dari bandara lama, Rosnena mengatakan, hujan yang hanya sekitar 15 menit namun terasa deras terdengar dari atap seng rumahnya.

"Saat keluar ingin mengambil jemuran di halaman, ternyata hujannya disertai butiran-butiran kristal es yang mirip kelereng kecil," katanya.

Tak lama kemudian, tetangganya pun juga keluar menyaksikan fenomena alam yang dinilai langka itu dan mengabadikannya melalui ponselnya.

Fenomena ini dipengaruhi adanya pertumbuhan awan comulonimbus (cb) di wilayah pesisir laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News