Safari Ramadan, Gubernur Herman Deru Minta Nakes Jangan Lekas Puas Meski Stunting Turun

Safari Ramadan, Gubernur Herman Deru Minta Nakes Jangan Lekas Puas Meski Stunting Turun
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat menghadiri Safari Ramadan 1444 Hijriah bersama para insan kesehatan Provinsi Sumsel di Griya Agung, Sabtu (1/4) malam. Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengingatkan kepada tenaga kesehatan (nakes) di daerahnya jangan lekas puas meski angka stunting menurun secara signifikan.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Safari Ramadan 1444 Hijriah bersama para insan kesehatan Provinsi Sumsel di Griya Agung, Sabtu (1/4) malam.

Gubernur Herman Deru menyebutkan penurunan stunting yang signifikan di Sumsel dari sebelumnya 24,8 persen menjadi 18,6 persen atau turun sebesar 6,2 persen tak lepas dari peran para tenaga kesehatan maupun kader Posyandu yang ikut mengedukasi masyarakat.

Edukasi ini menurutnya perlu terus digencarkan, terutama oleh para tokoh agama dan para nakes dengan penjelasan yang rasional sehingga mudah dimengerti masyarakat.

"Edukasi ini perlu pencontohan serta praktik di lapangan, makanya harus kami libatkan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan," kata Herman Deru.

Lebih jauh Gubernur Herman Deru menyampaikan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumsel juga mengalami kenaikan.

Dari sebelumnya Sumsel masuk dalam kategori menengah kini masuk kategori tinggi yang menandakan bahwa kesehatan masyarakatnya terjaga.

"Angka stunting turun dan IPM naik, dengan prestasi-prestasi luar biasa ini, saya minta kita jangan lekas puas," tegasnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru meminta tenaga kesehatan di daerahnya jangan lekas puas meski kasus stunting menurun secara signifikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News