Sah Gelar MotoGP Indonesia, Syarat Utama Mulai Dipenuhi

Sah Gelar MotoGP Indonesia, Syarat Utama Mulai Dipenuhi
Menpora Imam Nahrawi bersama perwakilan ITDC di ruang kerjanya. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, LOMBOK - PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah menandatangani Promotor’s Agreement dengan Dorna Sport SL selaku promotor MotoGP, dengan durasi kontrak selama tiga tahun menggelar balapan yang akan dilangsungkan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 2021.

Penandatanganan dilakukan oleh CEO DORNA Carmelo Ezpeleta dan CEO ITDC Abdulbar M. Mansoer di kantor Dorna Sport SL di Madrid, Spanyol pada tanggal 28 Januari 2019 lalu. Di depan tim manajemen senior oleh kedua belah pihak dan disaksikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Spanyol, Drs. Hermono M.A.

Pembangunan sirkuit pun sudah mulai digenjot di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok, yang dilakukan oleh perusahaan asal Prancis, Vinci Construction Grands Project (VCGP), hingga dipersiapkan untuk bisa memulai gelaran MotoGP Indonesia pada 2021.

BACA JUGA: Menpora Dukung ITDC Bangun Sirkuit MotoGP di Mandalika

"Jadi sudah bisa kita pastikan pelaksanaan MotoGP pertamakali di Indonesia ini bisa kita lakukan tahun 2021 nanti. Kita bahkan sudah mendapatkan jadwalnya, bahwa kemungkinan akan kita lakukan pada Maret tahun 2021 itu,” ungkap Direktur Utara PT ITDC, Abdulbar M Mansoer, lansir RadarLombok - Jawapos Group, beberapa waktu lalu.

Dalam waktu dekat, lanjut Abdulbar, akan diumumkan berbagai persiapanya, sehingga saat ini belum bisa digambarkan secara detail terkait rencana kegiatan itu.

“Untuk bangunan akan kita lakukan pada September tahun ini. Kita akan bisa selesaikan dalam waktu dekat karena kita hanya bikin jalan biasa untuk lintasannya jadi konsepnya street circuit (sirkuit jalan raya) dengan panjang lintasan 4,23 kilometer. Ini baru pertama kali dilakukan,” tambah dia.

Untuk faslitas lintasan sendiri, Abdulbar menarget bisa tuntas pada 2021. Dengan konsep street circuit yang terbuka Abdulbar berharap akan menjadi daya tarik lebih.

“Jadi yang memiliki sirkuit MotoGP terebesar adalah Indonesia, setelah India dan Cina. Jadi pasarnya besar, di satu sisi penonton MotoGP banyak dari Indonesia,” jelas Abdulbar.

Indonesia sudah meneken menjadi penyelenggaraan MotoGP dengan Dorna Sport SL, dengan durasi selama 3 tahun yang akan dilangsungkan di Mandalika, NTB. Seluruh persyaratan utama penyelenggaraan MotoGP mulai disipakan secara baik dari ITDC.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News