Sah, Inilah Isi Sumpah dan Janji Anggota DPR 2019 - 2024

Sah, Inilah Isi Sumpah dan Janji Anggota DPR 2019 - 2024
Rapat Paripurna DPR. ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali memandu pengucapan sumpah dan janji anggora DPR periode 2019-2024 pada Rapat Paripurna DPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Sebanyak 575 anggota terpilh hadir pada Rapat Paripurna DPR ini yang dipimpin oleh Abdul Wahab Dalimunthe (anggota DPR tertua) dan Hillary Brigita Lasut (anggota DPR termuda) sebagai Pimpinan Sementara.

Selanjutnya, sumpah dan janji itu dilakukan berdasar perwakilan anggota DPR dari kelompok agama masing-masing.

"Sebelum memangku jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Saudara-saudara wajib bersumpah atau berjanji menurut agama masing-masing. Apakah saudara-saudara bersedia bersumpah atau berjanji menurut agama saudara?" kata Hatta Ali memulai memandu pengucapan sumpah janji.

Hatta mengingatkan bahwa sumpah dan janji yang akan diucapkan itu mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara RI. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD NRI 1945.

"Sumpah atau janji ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap saudara mengikuti lafal sumpah atau janji yang akan saya pandu,” ungkap Hatta.

Dia kemudian memandu pengucapan sumpah janji berdasar agama masing-masing. 

Berikut isi sumpah dan janji anggota DPR yang dipandu Hatta Ali, kemudian diikuti para legislator.

Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali memandu pengucapan sumpah dan janji anggora DPR periode 2019-2024 pada Rapat Paripurna DPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News