Sahabat Polisi Indonesia Minta Polri Perbaiki SOP Perlindungan Anggota

Sahabat Polisi Indonesia Minta Polri Perbaiki SOP Perlindungan Anggota
Sahabat Polisi Indonesia minta Polri perbaiki SOP keselamatan personel. Foto: dok SPI

jpnn.com, JAKARTA - Sahabat Polisi Indonesia (SPI) meminta Polri segera memperbaiki Standar Operasional Prosedur (SOP) keamanan bagi petugas kepolisian yang bertugas di lapangan.

Menurut SPI, tingginya risiko keamanan bagi petugas kepolisian menunjukkan bahwa ada hal yang memang perlu diperbaiki dalam SOP tersebut.   

 “SPI merasa prihatin dengan keadaan ini. Dalam satu minggu, dua polisi mengalami risiko tinggi di lapangan. Ini berarti ada SOP keamanan yang perlu diperbaiki Polri,” ujar Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/11).
 
Fonda menyinggung dua kejadian yang terjadi dalam rentang waktu satu minggu belakangan.

Pertama, saat anggota Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat ditabrak dan dilindas oleh bandar narkoba.

Kedua, ketika Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya dikeroyok demonstran. Menurut Fonda, kejadian tersebut semestinya bisa dihindari atau diantisipasi bila SOP keamanan petugas diperbaiki secara ideal.
 
“Saya berpikir bila SOP Keamanan petugas di lapangan bisa diperbaiki, kejadian tersebut bisa dihindari. Kami ingin semua petugas kepolisian bisa bekerja dengan baik dan selamat,” sambungnya.  
 
Meski demikian, selain SOP keamanan, Sahabat Polisi Indonesia juga meminta pimpinan Polri untuk memberi perhatian dan apresiasi terhadap anggota kepolisian yang akhirnya mendapatkan atau mengalami risiko tinggi saat bertugas.

Jika para anggota kepolisian ini mengalami sesuatu yang fatal dan berdampak pada masa depannya, Polri harus memastikan bahwa anggota tersebut dan keluarganya memiliki kehidupan yang layak.      
 
“Harus diberi perhatian lebih. Pengobatannya, kesejahteraannya, masa depan anak-anaknya. Itu memang sudah risiko sih, tetapi sebaiknya soal aspek kehidupan anggota kepolisian yang layak (setelah kejadian)  harus tetap jadi perhatian,” tuturnya.  (flo/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Polri harus segera memperbaiki Standar Operasional Prosedur (SOP) keamanan bagi petugas kepolisian yang bertugas di lapangan.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News