Sahabat Sandi Gelar Pelatihan Manfaatkan Limpahan Buah Pepaya Jadi Peluang Usaha

Sahabat Sandi Gelar Pelatihan Manfaatkan Limpahan Buah Pepaya Jadi Peluang Usaha
Sukarelawan UMKM Sahabat Sandi Wonosobo menggelar pelatihan pengolahan buah pepaya, untuk kecantikan tubuh. Foto dok Sahabat Sandi

jpnn.com, WONOSOBO - Sukarelawan UMKM Sahabat Sandi Wonosobo menggelar pelatihan pengolahan buah pepaya, untuk kecantikan tubuh.

Carica atau dikenal dengan pepaya Dieng merupakan tumbuhan endemik di pegunungan. Getah dan buahnya dipercaya mengandung bahan kimia yang berguna untuk obat dan kosmetik.

Pelatihan ini guna mendorong perekonomian hingga membuka peluang usaha baru, khususnya untuk masyarakat Wonosobo.

Ketua UMKM Sahabat Sandi Wonosobo, Eprilia Tri Arum mengatakan pelatihan ini difokuskan pada pengolahan buah pepaya untuk dijadikan sebagai produk kecantikan.

Adapun peserta pelatihan dihadiri oleh pelaku usaha, komunitas kecantikan, hingga mak-mak.

"UMKM Sahabat Sandi Uno melakukan pelatihan untuk memanfaatkan buah pepaya yang akan dijadikan body lotion, face tonic, dan juga sabun," kata Eprilia di Villa Joglo Mudal, Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (4/9).

Epril menyampaikan pelatihan ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat Wonosobo.

"Tujuan pelatihan ini untuk menambah penghasilan masyarakat Wonosobo, terutama mak-mak agar lebih kreatif lagi untuk menunjang kebangkitan ekonomi keluarga serta membuka peluang usaha," tuturnya.

UMKM Sahabat Sandi Uno melakukan pelatihan untuk memanfaatkan buah pepaya yang akan dijadikan body lotion, face tonic, dan juga sabun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News