Sahabat Sandiuno Menggelar Pelatihan Budidaya Ikan Tawar dan Membuat Pakan Mandiri

Sahabat Sandiuno Menggelar Pelatihan Budidaya Ikan Tawar dan Membuat Pakan Mandiri
Sukarelawan Sahabat SandiUno menggelar pelatihan pembudidayaan ikan air tawar, serta cara membuat pakan ikan mandiri (maggot), kepada ratusan warga setempat. Foto dok Sukarelawan SandiUno

jpnn.com, BANJAR - Sukarelawan Sahabat SandiUno Kota Banjar menggelar pelatihan pembudidayaan ikan air tawar, serta cara membuat pakan ikan mandiri (maggot), kepada ratusan warga setempat.

Pelatihan tersebut digelar di rumah makan Pawon Baraya, Racakole Desa Mulyasari Kecamatan Pataruman Kota Banjar.

Banyaknya warga yang memiliki kolam ikan, namun belum maksimal dalam pembudidayaannya, membuat Sahabat SandiUno Kota Banjar tergerak melakukan pelatihan tersebut.

Ketua Sahabat Sandiuno Wilayah Ciamis Kusnadi alias Akaw mengatakan, salah satu teknik pembudidayaan ikan air tawar ini dengan memaksimalkan potensi budidaya yang baik dan benar. Adapun ikan yang dibudidayakan di antaranya ikan Nila, Gurame, dan Lele.

"Lima tips kunci sukses budidaya yakni adanya kolam, ikannya, pakan, pemeliharaan, terakhir panen dan pascapanen," kata Kusnadi, Kamis (28/7).

Kesuksesan dalam membudidayakan ikan air tawar ingin dia terapkan kepada para peserta.

Dia berharap, pelaku budidaya ikan di Kota Banjar bisa mengikuti jejaknya hingga berhasil meraup keuntungan dengan modal yang murah dan praktik budidaya yang tepat, serta efisien.

"Dalam membudidayakan ikan air tawar pemberian pakan juga tidak sembarangan. Hal itu juga menjadi kunci penting supaya hasil panen melimpah. Pakan ikan yang diberikan menggunakan maggot," kata Kusnadi.

Figur pemimpin seperti Sandiaga Uno yang kami harapkan memimpin Indonesia. Jadi kalau Pak Sandi nyalon jadi Presiden, InsyaAllah, kami siap mendukung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News