Sahroni Dorong Optimalisasi Antinarkoba di Perhelatan PON Papua

Sahroni Dorong Optimalisasi Antinarkoba di Perhelatan PON Papua
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Nasdem Ahmad Sahroni mengatakan penanganan status darurat narkoba membutuhkan kreativitas yang melibatkan semua elemen masyarakat. Tidak hanya penindakan, penegak hukum juga dituntut kreatif melakukan pencegahan lewat berbagai kegiatan yang mampu mendorong masyarakat menjadi aktor dalam menanggulangi penyebaran dan penyalahgunaan narkoba.

Oleh karena itu, Sahroni mendorong Polri dan BNN memanfaatkan momentum PON 2020 di Papua pada Oktober mendatang sebagai ajang sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba (P4GN) kepada masyarakat.

“Saya rasa ini bisa menjadi salah satu langkah strategis bagi Polri dan BNN dalam upayanya menanggulangi persoalan narkotika di negeri ini,” kata Sahroni, Senin (24/2).

Sahroni menuturkan semarak PON 2020 Papua dapat dioptimalkan sebagai wadah pemberdayaan orang asli Papua yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya kota-kota besar, menjadi influencer dalam rangka menyosialisasikan pesta olahraga itu, sekaligus menjadi duta-duta narkoba asal Papua.

“Ibarat kata pepatah, sekali kayuh, dua tiga pulau terlampaui. Winning hearts and mind,” ungkap Sahroni.

Dia menambahlan ke depan langkah ini  bisa menjadi pilot project, di mana Polri, BNN dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersinergi mengoptimalkan P4GN pada setiap penyelengaraan PON berikutnya, maupun even-even olahraga lainnya.

“Penyelengaraan PON itu kan bergilir dari satu provinsi ke provinsi lain. Bayangkan nantinya begitu banyak influencer yang bisa diberdayakan menjadi duta narkoba bagi daerahnya masing-masing. Ini sebuah langkah besar dalam upaya  mengurai persoalan narkoba di Indonesia,” katanya.

Hal ini sejalan dengan langkah Polda Metro Jaya yang menggandeng Kemenpora untuk bersama menyerukan aksi anti narkoba di ibu kota.

Sahroni mendorong Polri dan BNN memanfaatkan momentum PON 2020 di Papua pada Oktober mendatang sebagai ajang sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba (P4GN) kepada masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News