Sahroni Imbau Pengurus RW Aktif Memajukan Perekonomian

Sahroni Imbau Pengurus RW Aktif Memajukan Perekonomian
Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyerap aspirasi masyarakat dan pengurus RW saat kegiatan reses di Jakarta Utara, Kamis (24/1). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR Fraksi Partai Nasdem Ahmad Sahroni mengimbau pengurus rukun warga atau RW aktif memajukan kegiatan perekonomian di lingkungannya.

Saat kunjungan kerja ke kawasan Pademangan Barat, Jakarta Utara, Kamis (24/1), Sahroni menyarankan pengurus RW mendatangi perusahaan-perusahaan yang berlokasi di daerah itu untuk membuka lapangan pekerjaan dan memberdayakan masyarakat sekitar.

"Sambangi perusahaan-perusahaan, bikin surat pernyataan dari warga, RT, RW, bagaimana bisa dibantu lingkungan ini oleh perusahaan-perusahaan. Bantuan untuk masyarakat secara total bukan untuk pribadi,” kata Sahroni.

Dalam kunjungan itu, Sahroni juga menerima keluhan dari salah satu warga, yang mengeluhkan di RT-nya tidak mengalami perubahan sejak lebih dari 10 tahun lalu. Padahal, di sekeliling sudah banyak bangunan pabrik, ruko-ruko, ada perusahaan besar. Perkembangan ekonomi di sekitar tidak berdampak ke lingkungan masyarakat.

Menurut Sahroni, masyarakat tidak boleh hanya menyalahkan perusahaan yang minim membuka lapangan kerja untuk warga di lingkungan sekitar. Dia menjelaskan, hal itu bisa disebabkan berbagai faktor. Termasuk kompetensi dan perilaku masyarakat yang akhirnya diterima bekerja di perusahaan tersebut.

“Itu jadi efek domino, di mana perusahaan bukan tidak mau ekonomi melekat ke satu daerah, tapi karena satu faktor itu,” ujar Sahroni.

Lebih lanjut, dia mengajak masyarakat tidak sekadar berani mengkritik pemerintah atau parlemen tanpa mau mengembangkan kemampuan dirinya. Politikus berlatar belakangan pengusaha itu menyayangkan bila di lingkungan setempat masih ditemukan pengangguran yang tak mau berusaha dan bermimpi besar menjadi orang sukses. Dia mengingatkan jangan hanya mengkritik tapi cuma pengin menjadi pengangguran.

“Jangan cuma gaya akhirnya premanisme terjadi di Jakarta Utara, dan merasa dirinya hebat, sedikit-sedikit mengeluarkan parang. Sekarang enggak zaman. Zamannya sekarang bagaimana masyarakat ada keuntungan dari perwakilan di daerahnya,” ucap Sahroni.

Anggota DPR Ahmad Sahroni saat kunjungan kerja mengimbau pengurus rukun warga atau RW aktif memajukan kegiatan perekonomian di lingkungannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News