JPNN.com

Said: Saya Kira Itu Kode Keras dari Prabowo

Selasa, 16 Juli 2019 – 19:44 WIB Said: Saya Kira Itu Kode Keras dari Prabowo - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Said Salahudin menilai, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto kini telah siap bergabung ke dalam barisan penyokong pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin.

Menurut Said, sikap itu ditunjukkan Prabowo saat bertemu dengan Jokowi beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu Prabowo menyatakan siap membantu jika diperlukan.

"Jadi, kalau nanti Jokowi bilang, saya ingin ada kader Gerindra di kabinet, maka Prabowo tak bisa lagi berkata, kami akan menjadi oposisi," ujar Said di Jakarta, Selasa (16/7).

Menurut Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) ini, hal yang disampaikan Prabowo kepada Jokowi tidak bisa ditafsir lain kecuali sebagai isyarat Gerindra siap bergabung di pemerintahan baru Jokowi.

BACA JUGA: Prabowo Segera Bertemu PA 212, Begini Respons Habib Novel

"Saya kira itu kode keras dari Prabowo. Ketika dia menggunakan diksi 'siap membantu', artinya Prabowo sudah menyatakan komitmen bahwa partai yang dipimpinnya bersedia memberi sokongan kepada Jokowi, supaya pemerintahan barunya nanti menjadi pemerintahan yang kuat," ucapnya.

Saat ditanya di mana sokongan itu akan diberikan, Said memprediksi di eksekutif dan legislatif. Ia menyatakan, tidak ada ceritanya suatu partai yang memiliki kursi legislatif bersedia mendukung presiden dengan maksud agar pemerintahan yang dipimpinnya menjadi kuat, sementara tidak ada perwakilan dari parpol itu yang duduk di suatu posisi eksekutif. Itu kemustahilan politik.

"Jadi, dari pernyataan Prabowo itu sudah tegas maksudnya, Gerindra bersedia berkoalisi, bukan beroposisi dengan pemerintahan Jokowi. Sebab tidak mungkin ada opisisi yang berkomitmen ingin memperkuat pemerintah," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...