Saipul Jamil Wara-wiri di TV, Reza Indragiri: Perlu Ada Sanksi Sosial

Saipul Jamil Wara-wiri di TV, Reza Indragiri: Perlu Ada Sanksi Sosial
Saipul Jamil. Foto: Firda Junita

jpnn.com, JAKARTA - Ahli Psikologi Forensik Reza Indragiri menyatakan bahwa harus ada sanksi sosial kepada pelaku kejahatan seksual.

Dia mengungkapkan hal tersebut menanggapi kemunculan pedangdut Saipul Jamil di televisi setelah bebas dari penjara.

Reza lantas menjelaskan dampak yang bisa terjadi kepada korban kekerasa seksual.

"Para korban menganggap dunia ini tidak sungguh-sungguh berpihak padanya tapi dunia justru memberikan panggung bagi seorang pelaku kejahatan seksual yang pernah menyakiti dia," kata Reza Indragiri kepada JPNN.com, Jumat (10/9).

Kemunculan mantan suami Dewi Perssik itu, lanjut Reza, bisa membuat korban merasa mendapatkan ketidakadilan bahkan bisa saja menjadi bentuk traumatisasi berulang.

"Saya katakan 'bisa saja', berarti tidak 100 persen mutlak terjadi pada yang bersangkutan," tambah Reza.

Dengan dampak yang memungkinkan terjadi kepada korban itu, Reza menilai perlu adanya sanksi sosial yang berlaku terhadap pelaku.

"Sekiranya ancaman pidana dirasakan tidak begitu ampuh untuk memunculkan efek gentar, efek tangkal, sekaligus efek Jera, maka memang sanksi sosial yang harus dikedepankan," tutur dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian itu.

Reza Indragiri megatakan harus ada sanksi sosial kepada pelaku kejahatan seksual. Hal itu menanggapi kemunculan Saipul Jamil di televisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News