Saleh Mendesak Kemenkes Sediakan Vaksin Covid-19 Untuk Anak

Saleh Mendesak Kemenkes Sediakan Vaksin Covid-19 Untuk Anak
Vaksinasi Covid-19 untuk anak. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mendesak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI segera menyediakan vaksin Covid-19 untuk anak.

Konon, vaksin Covid-19 untuk anak saat ini sedang kosong. Sementara, pelaksanaan vaksinasi untuk anak masih belum selesai.

Saleh menyebut kebutuhan terhadap vaksin Covid-19 untuk anak ini penting, apalagi penyebaran virus corona dengan berbagai variannya masih terjadi. Orang yang terpapar masih saja bertambah tiap hari.

"Itu yang dari China sudah masuk Indonesia. Pemerintah tahu itu. Nah, kalau sudah menyebar, biasanya menyasar ke mana-mana. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa terpapar," ujar Saleh di Jakarta, Selasa ((3/1).

Ketua Fraksi PAN DPR RI itu juga mendengar Kemenkes saat ini sedang menunggu vaksin buatan dalam negeri.

Hal itu menurutnya sangat baik dan bijak, tetapi untuk mengisi kekosongan vaksin yang terjadi saat ini, pemerintah harus mencari alternatif. Selain itu, pemerintah dikejar waktu agar jadwal vaksinasi sesuai target.

"Dalam rapat terakhir, Kemenkes dan produsen vaksin Merah Putih memang telah menyanggupi pengadaan vaksin. Mestinya, itu sudah ada sekarang. Kalau belum, berarti ada kendala. Kami perlu menelusuri apa kendalanya untuk diselesaikan," tutur Saleh.

Selain itu, BPOM juga sudah memberikan izin vaksin Pfizer untuk disuntikkan pada anak. Namun, sampai sekarang itu juga belum dilaksanakan karena masih menunggu proses penilaian dari ITAGI.

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mendesak Kemenkes segera menyediakan vaksin Covid-19 untuk anak. Kekosongan vaksin juga harus segera diatasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News