Salihara Menggelar LIFEs 2021 Bertema Arab Asyiq, Catat Tanggalnya

Salihara Menggelar LIFEs 2021 Bertema Arab Asyiq, Catat Tanggalnya
Akhmad Sahal menemani Goenawan Mohamad (kanan) membahas buku terbarunya. Foto: Dokumentasi Salihara

jpnn.com, JAKARTA - Komunitas Salihara tahun ini menggelar LIFEs Literature and Ideas Festival (Festival Sastra dan Gagasan) yang ke-9 dengan tema Arab Asyiq.

Sejumlah kegiatan di LIFEs 2021 antara lain seminar, pembacaan karya, ceramah dan pentas musik pada 25 September - 2 Oktober 2021 dengan sejumlah penampil yang mewakili ragam tradisi pemikiran Arab di Indonesia.

Pembukaan LIFEs akan menampilkan acara bertajuk Bintang-Bintang di Bawah Langit Jakarta yang berisi pembacaan karya oleh 4 sastrawan dan 1 komika perempuan.

Sejumlah webinar juga akan mengisi agenda LIFEs 2021 ini dengan mengangkat tema-tema kontemporer seperti Identitas Arab dan Wajah Kita; Modernitas Islam di Indonesia: Pers, Novel, Terjemahan; Memanggungkan Sastra Arab: Dari Kasidah hingga Mocoan; Kitab Sufisme Nusantara; serta Klasik Nan Asyik yang akan membahas pemikiran Buya Hamka, Muhammad Radjab dan Ali Audah.

Direktur LIFEs dan Kurator Komunitas Salihara Art Center Ayu Utami menjelaskan, pergelaran LIFEs 2021 sebagai salah satu forum menggali dan merayakan khazanah kekayaan intelektual serta kesusastraan dunia Arab, di luar yang sudah diketahui selama ini.

Ayu Utami mengatakan relasi antara kesusasteraan dan pemikiran Arab dengan Indonesia atau Nusantara memiliki beragam corak.

Khazanah kebahasaan dan kesusastraan Arab menyebar ke penjuru dunia bersamaan dengan penyebaran agama Islam sejak pertengahan abad ke-7 masehi.

“Dari satu perspektif, agama Islam dan bahasa Arab tidak bisa dipisahkan tetapi dari perspektif lain, keduanya tidak selamanya melekat. Ada kompleksitas, khazanah dan kekayaan pemikiran yang tumbuh melalui proses akulturasi terus menerus ini,” terang Ayu Utami saat jumpa pers LIFEs 2021, Jumat (24/9).

Komunitas Salihara LIFEs 2021 dengan tema Arab Asyiq, berikut ini rangkaian acaranya.