Deklarasikan JagaPemilu Bertagar #jujuradil, Ratusan Tokoh Ajak Publik Awasi Pemilu

Deklarasikan JagaPemilu Bertagar #jujuradil, Ratusan Tokoh Ajak Publik Awasi Pemilu
Deklarasi JagaPemilu yang dilakukan secara luring dan daring di Jakarta, Senin (20/11/2023). Foto: supplied for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan tokoh masyarakat sipil dari berbagai latar belakang mendeklarasikan gerakan JagaPemilu pada Senin (20/11/2023). Tujuan gerakan itu ialah memastikan Pemilu 2024 berlangsung demokratis.

Gerakan itu melibatkan nama-nama beken, seperti mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Erry Riyana Hardjapamekas dan Chandra Hamzah, dosen politik Universitas Airlangga (Unair) Airlangga Pribadi, pengacara senior Arief T. Surowidjojo, ekonom A. Prasetyantoko, ahli hukum tata negara Bivitri Susanti, penyanyi Dira Sugandi, sastrawan Goenawan Mohamad, pemerhati kepemiluan Ray Rangkuti, mantan pegiat Indonesia Corruption Watch (ICW) Luky Djani, dan banyak tokoh kondang lainnya.

Luky yang menjadi salah satu inisiator JagaPemilu menyatakan gerakan itu berupaya mengajak seluruh lapisan masyarakat bertindak aktif mengawasi Pemilu 2024.

“Kami mengajak seluruh unsur masyarakat untuk bergabung dengan JagaPemilu. Mari kita bersama-sama menjaga pemilu berjalan secara demokratis, jujur, adil, terbuka, dan partisipatif,” kata Luky.

Untuk tahap awal, JagaPemilu yang mengusung tagar #jujuradil akan fokus memantau proses kampanye dan tahapan lain di pemilu.

Gerakan itu juga akan melakukan pendidikan politik populer untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman warga negara tentang pemilu.

JagaPemilu juga menyusun manifesto atau pernyataan terbuka tentang tujuan dan pandangan kelompok tersebut.

Erry Riana yang dipercaya membacakan manifesto Jaga Pemilu menyatakan gerakan tersebut bertujuan memperkuat kesadaran dan pemahaman hak-hak politik warga; meningkatkan pengawasan atas proses tahapan pemilu; dan meningkatkan partisipasi politik warga melalui platform digital.

Ratusan tokoh masyarakat sipil dari berbagai latar belakang mendeklarasikan gerakan JagaPemilu untuk memastikan Pemiilu 2024 berjalan jurdil dan demokratis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News