Salut! Bupati Berani Tertibkan Bangunan Gili Trawangan

Salut! Bupati Berani Tertibkan Bangunan Gili Trawangan
Gili Trawangan, Lombok. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Langkah Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar dan seluruh jajarannya dengan membongkar seluruh bangunan yang telah berdiri menutup pantai Gili Trawangan mendapat acungan jempol.

Apresiasi ini langsung dari Menpar Arief Yahya yang setuju bangunan permanan dan nonpermanen di pantai Gili Trawangan, harus dibersihkan

“Ini bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah yang memiliki destinasi pantai indah, pemandangan cantik, dari tepian jalan. Jangan pernah terhadang oleh bangunan apapun!” kata Arief.

Menurut Arief, apa saja yang membuat “rusak” pemandangan pinggiran pantai harus ditertibkan.

Dia mengatakan, di seluruh dunia tidak didirikan bangunan di atas tanah pantai yang terbentang.

“Kalau ada bangunan yang menjorok ke pantai, itu namanya egois. Dia mengabaikan hak publik untuk menyaksikan keindahan alam ciptaan Tuhan,” imbuh Arief.

Pesan yang sama pernah disampaikan Arief pada Bupati Pesisir Selatan, Mandeh, Sumatera Barat, Hendrajoni yang sedang mengembangkan wilayahnya sebagai destinasi bahari.

“Segera buat Perda, yang melarang bangunan di sisi jalan, yang memiliki pemandangan langsung ke laut. Tidak boleh egois, karena itulah keindahan yang ditawarkan kepada wisatawan. Kalau itu didirikan bangunan, maka orang tidak lagi bisa melihat keindahan pemandangan alam yang menjadi keunggulan Mandeh. Ujung-ujungnya, orang tidak mau lagi datang ke sana,” papar Arief.

Langkah Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar dan seluruh jajarannya dengan membongkar seluruh bangunan yang telah berdiri menutup pantai Gili Trawangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News