MotoGP Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2023 Geliatkan Pariwisata Lombok, Ini Buktinya

MotoGP Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2023 Geliatkan Pariwisata Lombok, Ini Buktinya
Sejumlah turis bersiap menaiki kapal penyeberangan di Pelabuhan Gili Trawangan, Pemenang, Lombok Utara pada Jumat (13/10). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, LOMBOK - Ajang balap dunia MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 yang digelar di Mandalika meningkatkan sektor pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Hal ini disampaikan sejumlah pegiat usaha pada sektor pariwisata di sekitar Lombok, salah satunya Ahmad Yani, sopir Cidomo di Gili Trawangan.

Ahmad bercerita saat pandemi, sektor pariwisata di Gili Trawangan dan sekitar Lombok tutup total.

Namun dengan adanya event balap dunia tahun lalu di Pertamina Mandalika International Circuit, perekonomian dan sektor pariwisata meningkat drastis.

"Sampai-sampai tidak bisa menampung turis lagi, karena saking membeludaknya turis datang ke Gili. Pendapatan kami juga meningkat. Sekarang, sejak dua hari sebelum acara, turis sudah banyak yang datang," ungkap Ahmad Yani.

Sahrip, penjaga rental sepeda di Gili Trawangan juga mengungkapkan biasanya turis mancanegara datang beberapa hari sebelum pertandingan, dan setelah pertandingan.

"Biasanya turis datang setelah MotoGP Mandalika. Ada juga yang sudah booking kamar di Gili nanti setelah acara baru menyebrang. Biasanya turis itu kalau datang untuk MotoGP, tidak langsung balik ke negaranya, pasti liburan di sekitar acara," ujarnya.

Hal serupa disampaikan turis asal Austria, John. Ditemui di Bandar Udara Internasional Lombok, dia mengaku sangat antusias untuk menonton Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2023 yang berlokasi di Mandalika.

Sektor pariwisata meningkat seiring adanya ajang balap dunia MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023, simak penuturan para pegiat usaha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News