Pertamina Boyong 50 UMKM di Ajang MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023

Pertamina Boyong 50 UMKM di Ajang MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023
Produk-produk UMKM binaan Pertamina melayani pengunjung pada ajang MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, LOMBOK - Ajang balap motor dunia MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 di Mandalika memberikan angin segar bagi perekonomian masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Hal itu juga termasuk dirasakan kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak secara langsung maupun tidak langsung dalam perhelatan tahunan tersebut.

Memasuki tahun kedua, Pertamina kembali memboyong 50 UMKM binaannya. termasuk dari Rumah BUMN Pertamina Lombok Timur untuk menyediakan suvenir serta produk makanan dan minuman di kawasan Mandalika.

Perinciannya sebanyak 42 UMKM produk makanan dan minuman akan meramaikan area booth di Zona Bhinneka (Zona A) yang berdekatan dengan North Tunnel.

Sementara 8 UMKM lainnya akan berada di Zona B dengan menyediakan kerajinan dan cenderamata khas Lombok bersama dengan UMKM dari penjuru nusantara.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan berkaca pada pengalaman tahun lalu, pada tahun ini 90 persen UMKM adalah sektor makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan selama ajang berlangsung.

Beberapa makanan merupakan khas Pulau Lombok, seperti ayam taliwang, sate, nasi balap, juga disiapkan kue-kue dan camilan siap saji.

“Lokasi booth UMKM makanan ini mudah diakses oleh penonton, karena letaknya berdekatan dengan terowongan yang dilalui penonton sebelum masuk ke sirkuit juga berdekatan dengan arena pameran produk-produk otomotif,” jelas Fadjar dalam keterangannya, Jumat (13/10).

Dongkrak ekonomi masyarakat, Pertamina memboyong 50 UMKM di ajang MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News