JPNN.com

Sambangi Markas Marinir Belawan, Nono Usulkan Pembentukan Lantamal Sabang

Sabtu, 28 November 2020 – 18:08 WIB
Sambangi Markas Marinir Belawan, Nono Usulkan Pembentukan Lantamal Sabang - JPNN.com
Korps Marinir TNI AL. Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, BELAWAN - Wakil Ketua DPD Nono Sampono memberikan pujian kepada Korps Marinir TNI AL.

Senator dari Provinsi Maluku itu menilai Korps Marinir menjadi bagian penting dan dapat diandalkan dalam menjaga kesatuan wilayah NKRI di tengah pergeseran geopolitik, geoekonomi dan geostrategi. 

“Sebagai negara dengan wilayah terluas dan memiliki area yang menjadi penghubung sebagian besar negara di Asia Tenggara, Indonesia harus mengoptimalkan peluang strategis di kawasan tersebut," kata Nono saat mengunjungi Markas Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan, Sumatera Utara, Sabtu (28/11).

Komandan Korps Marinir 2006–2007 itu menambahkan, perkembangan lingkungan strategi kawasan Asia Pasifik pasti akan membawa pengaruh ke Indonesia. 

Pensiunan tentara dengan pangkat terakhir letnan jenderal itu menyatakan, Indonesia harus bisa menghadapi persaingan dalam perdagangan global. Sebab, katanya, sebagian besar atau 90 persen jalur perdagangan dunia melalui laut, termasuk melintasi wilayah perairan Indonesia.

Oleh karena itu Nono menegaskan, untuk bersaing dan merebut perdagangan global tidak bisa mengabaikan kekuatan militer. 

“Jadi selain kekuatan ekonomi, pertahanan militer kita juga harus diperkuat,” tegas komandan Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) 1988–1993 itu. 

Lebih lanjut Nono mengusulkan pembangunan markas pertahanan laut di wilayah Sabang, Nangroe Aceh Darussalam. Sebab, kota di Pulau We itu merupakan merupakan gerbang perairan laut Indonesia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara