JPNN.com

Sambangi Menlu Retno, Anak Buah Erdogan Singgung Masalah Islamophobia di Indonesia

Rabu, 23 Desember 2020 – 05:46 WIB
Sambangi Menlu Retno, Anak Buah Erdogan Singgung Masalah Islamophobia di Indonesia - JPNN.com
Sambangi Menlu Retno, Anak Buah Erdogan Singgung Masalah Islamophobia di Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavu?o?lu mengunjungi Jakarta, Selasa (23/12). Dalam kesempatan itu, dia bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk membahas rencana kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Indonesia tahun depan.

Kunjungan Erdogan itu merupakan balasan atas lawatan Presiden RI Joko Widodo ke Turki pada 2017. "Menurut Retno, kunjungan balasan itu akan jadi momentum untuk menguatkan hubungan bilateral Indonesia dan Turki," kata Retno saat jumpa pers bersama Menlu Mevlüt di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Mevlüt ???????mengatakan dua negara kemungkinan akan membentuk Dewan Strategis Tingkat Tinggi sebagai bentuk konkret peningkatan kerja sama bilateral.

Menurut Mevlut, Dewan Strategis Tingkat Tinggi itu kemungkinan akan diresmikan saat Erdogan mengunjungi Indonesia.

???????Sejauh ini, rencana pembentukan dewan strategis itu masih dibicarakan oleh menteri luar negeri dari dua negara.

"Kita tengah menjajaki pembentukan High-Level Strategic Council (Dewan Strategis Tingkat Tinggi) yang akan menjadi forum bagi para pemimpin kedua negara untuk membahas secara regular berbagai isu bilateral, regional, dan multilateral yang menjadi kepentingan bersama," terang Retno usai menghadiri pertemuan bilateral dengan menteri luar negeri Turki.

Kedatangan Mevlüt merupakan kunjungan pertama yang dilakukan menteri luar negeri Turki secara bilateral dalam 15 tahun terakhir.

Kunjungan Mevlüt ke Indonesia juga bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki yang diperingati pada tahun ini, kata menlu RI.

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...